Hadapi BBM Naik, Jokowi Siapkan Sejumlah Bansos

Hadapi BBM Naik, Jokowi Siapkan Sejumlah Bansos Kredit Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

Isu kenaikan harga bahan bakar minyak (bbm) tengah menjadi pusat perhatian masyarakat. Meski belum ketok palu soal kenaikan harga bbm, namun baru-baru ini Presiden Jokowi melalui jajarannya akan memberikan sejumlah bansos (bantuan sosial) kepada masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga bbm. 

Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan menjelaskan, total secara keseluruhan anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah telah mencapai Rp 431,5 triliun. Tambahan dana yang dikeluarkan akan disalurkan melalui program bansos yang sebelumnya telah tersedia.

Tambahan bansos ini bertujuan untuk meringankan dan membantu masyarakat di tengah kenaikan bahan pangan dan isu kenaikan harga bbm. 

Baca Juga: Daripada Naikin Harga, Begini Usul PKS ke Pemerintah Buat Atasi BBM Bersubsidi, Simak!

Adapun bansos (bantuan sosial) yang akan dikeluarkan oleh pemerintah dan disalurkan kepada masyarakat. Namun penyalurannya kepada masyarakat belum dapat dipastikan:

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Bansos pertama yang akan pemerintah berikan adalah bantuan langsung tunai (BLT). Sebanyak 20,65 juta akan mendapatkan dana BLT ini. Masing-masing keluarga akan menerima sebesar Rp 600.000 yang akan dibagi kedalam 2x pembayaran. Rp 300.000 pertama dan Rp 300.000 kedua yang akan dikirimkan melalui seluruh kantor pos Indonesia. Total anggaran dari dana BLT ini sebesar Rp 12,4 triliun. 

2. Bantuan Subsidi Upah BPJS-TK 

Kabar gembira buat Anda yang pekerja dengan gaji dibawah 3,5 juta, pemerintah akan memberikan dana bansos berupa subsidi upah. Sebanyak 16 juta pekerja dengan gaji maksimal Rp 3.500.000 akan mendapatakan subsidi upah sebesar Rp 600.000 yang akan diberikan sekali. Selain itu, total anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah mencapai Rp9,6 triliun. 

3. Bantuan UMKM 

Selanjutnya juga pemerintah akan memberikan bantuan UMKM khususnya kepada pemilik warung, pedagang kaki lima (PKL) hingga para nelayan dan petani. Bantuan ini akan diberikan sebesar Rp600.000 per UMKM dengan target penerima bantuan 2,76 juta orang. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini