Zulhas Ini Suka Pakai Gaya Politik Ular Cerdik, Bisa Jadi Ada Kejutan PAN Bakal Usung Puan!

Zulhas Ini Suka Pakai Gaya Politik Ular Cerdik, Bisa Jadi Ada Kejutan PAN Bakal Usung Puan! Kredit Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan tak pernah konsisten dalam menentukan arah dan sikap politik. Hal ini dinilai akan berpengaruh pada peta koalisi yang saat ini sudah terbentuk.

Jerry menduga, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri diantara PAN, PPP, dan Partai Golkar itu bisa sewaktu-waktu berubah. Apalagi sampai sejauh ini belum ada kepastian soal capres-cawapres yang bakal diusung.

"Zulhas kerap memakai gaya politik ular cerdik, dia cepat melihat konstelasi politik, tak jaminan juga koalisi KIB bertahan sampai nama capres didaftarkan di KPU," kata Jerry kepada Populis.id, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: Puan Singgung Perihal Presiden Perempuan, Sinyal Ia Bakal Maju Capres 2024?

Jerry mengungkapkan, partai yang dikomandoi Zulhas itu memang partai yang labil dalam menentukan figur. Perubahan nama pun terjadi berkali-kali, sehingga masih sangat mungkin jika Ketua DPR RI Puan Maharani muncul sebagai nama yang dijagokan.

Walaupun sejumlah kader PAN sempat memberi sorakan negatif saat Zulhas menyebut nama Puan dalam nominasi bakal calon presiden ketika acara Rakernas III, di Istora Senayan, Sabtu malam (27/8/2022).

"PAN juga partai yang berubah-ubah dalam menentukan sikap politik. Waktu lalu dia mendeklarasikan Sandiaga Uno dan berubah ke Ganjar dan Erick Thohir jadi tak stabil juga. Bisa jadi ada kejutan tiba-tiba Puan diusung PAN," tuturnya.

Baca Juga: Habis-habisan Disoraki Sama Kadernya Sendiri, Zulhas Tetap Lihat Potensi Puan Maharani di 2024

Jerry menilai sorakan itu sebagai hal yang wajar, karena ada sejumlah pihak yang mungkin kurang bersepakat dengan munculnya nama Puan. Tapi ia meyakini, bahwa sang ketua umum masih akan menilik balik kelebihan yang dimiliki oleh putri dari Presiden RI keempat tersebut.

"Arah dan angin politik kan bisa berubah belum paten, jadi saya kira PAN akan melihat potensi Puan, saya yakin penentunya ada di tangan Ketum Zulhas," pungkasnya.

Baca Juga: Klarifikasi Hoaks ‘Munajat untuk Anies Baswedan’ Bareng Habib Rizieq, NasDem Diketawain: Wkwk Repot Sendiri Kan?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover