Sederet Fakta-Fakta Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Brigadir J, Simak!

Sederet Fakta-Fakta Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Brigadir J, Simak! Kredit Foto: (YouTube/Polri TV)

Kasus pembunuhan Brigadir J kini sudah berada di tahap rekonstruksi, ini artinya perlahan-lahan kasus pembunuhan akan menemui titik terang. Rekonstruksi dilakukan pada hari ini (30/08) di kediaman rumah dinas Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. 

Menurut pantauan, sejak pagi kediaman Ferdy Sambo sudah ramai didatangi oleh rekan-rekan media dan dijaga ketat oleh pihak Brimob lengkap dengan senjatanya. Semua tersangka hadir dalam rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J dengan menggunakan baju tahanan. 

Adapun tujuan dilakukannya rekonstruksi ini adalah untuk mengetahui lebih detail motif pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Ferdy Sambo pada (08/07) tempo lalu. 

Baca Juga: Bikin Bergidik, Alasan Bharada E Pakai Pemain Pengganti Ketika Dipertemukan Irjen Ferdy Sambo Saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Lebih lanjut, berikut sederet fakta-fakta mengenai rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J yang dilakukan pada hari ini (30/08):

  •  Rekonstruksi Mempertemukan Semua Tersangka 

Rekonstruksi pembunuhan Brigadir J yang dilaksanakan di kediaman Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan juga turut dihadirkan 5 tersangka yaitu Ferdy Sambo, Bharada E, Putri Candrawathi, Brigadir RR, dan Kuwat Maaruf.

Semua yang terlibat hadir langsung secara tatap muka. Khusus untuk Bharada E akan ada penangan khusus yang akan dilakukan. Semua para tersangkan akan merekonstruksikan kegiatan-kegiatan yang terjadi dengan baik. 

Selain itu, komnas HAM dan kompolnas juga akan hadir dalam rekonstruksi pembunuhan Brigadir J dan akan mengawasi dengan ketat setiap adegan. 

  • Akan Ada Sebanyak 78 Adegan 

Selanjutnya, rekonstruksi ini digelar di tiga lokasi yakni di Magelang, rumah dinas di kawasan Duren Tiga, dan di rumah pribadi di kawasan Saguling. Total dari tiga lokasi rekonstruksi akan ada sebanyak 78 adegan yang akan diperagakan. 

Rincian dari 78 adegan tersebut adalah di rumah Magelang akan ada 16 adegan yang meliputi peristiwa di tanggal 04,07, dan 08 Juli 2022. Lanjut ke rumah pribadi di Saguling akan ada 35 adegan yang meliputi peristiwa di tanggal 08 Juli 2022 dan pasca pembunuhan. Dan yang terakhir rumah dinas di Duren Tiga akan ada 27 Adegan yang meliputi peristiwa pembunuhan Brigadir Yoshua.    

  • Bharada E, Brigadir RR, Dan Kuwat Maaruf Dengan Kondisi Tangan di Borgol Saat Tiba di Lokasi  

Tiga tersangka kasus pembunuhan Brigadir J yaitu Bharada E, Brigadir RR, dan Kuwat Maaruf tiba dilokasi rekonstruksi dengan kondisi tangan diborgol menggunakan kabel tis dan menggunakan rompi tahanan. Tiga tersangka ini tiba di lokasi sekitar pukul 10.05 WIB. 

Sedangkan untuk Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi hadir lebih dulu sekitar pukul 09.30 WIB. Putri Candrawathi terlihat tidak menggunakan baju tahanan melainkan menggunakan baju putih-putih. Alasannya karena Putri Candrawathi karena bukan merupakan tahanan. 

Baca Juga: Putri Candrawathi Tak Kenakan Baju Tahanan Saat Rekonstruksi Kasus Brigadir J, Kenapa?

  • Bharada E Gunakan Peran Pengganti 

Saat proses rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir Yoshua, Bharada E menggunakan peran pengganti saat berhadapan langsung dengan Ferdy Sambo. 

Reka adegan tersebut terjadi di rumah pribadi Ferdy Sambo di Saguling. Awal mulanya, ketika Ferdy Sambo memanggil Brigadir RR terkait rencana pembunuhan. Lalu, brigadir RR mendatangi Ferdy Sambo yang saat itu berada di lantai 3. 

Kemudian, Brigadir RR keluar untuk kemudian memanggil Bharada E, lalu Bharada E mendatangi Ferdy Sambo dan berbincang dengan cara berdiri. 

Diketahui, alasan Bharada E menggunakan peran pengganti atas permintaan LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban).

  • Rekonstruksi Masih Terus Berlangsung, Saat Ini Sudah 51 Adegan 

Saat ini adegan demi adegan rekonstruksi masih terlangsung berlangsung. Diketahui, sudah ada 51 adegan yang dilakukan di rumah pribadi Ferdy Sambo di Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Selanjutnya, adegan rekonstruksi akan dilakukan rumah dinas Ferdy Sambo yang hanya berjarak 300 meter dari rumah pribadi. 

Rumah dinas merupakan lokasi yang dijadikan untuk mengeksekusi penembakan Brigadir J. Nantinya akan ada 27 adegan yang dilakukan di rumah dinas Ferdy Sambo. Saat ini pun, rumah dinas masih dijaga lengkap oleh sejumlah anggota Brimob bersenjata. 

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Mencium dan Memeluk Istrinya Putri Candrawathi, Apakah Merupakan Adegan Rekontruksi?

Dalam hal ini, polisi akan melakukan transparansi atas hasil rekonstruksi pembunuhan Brigadir J. Segalanya akan diungkapkan berdasarkan fakta dan tidak ada yang disembunyikan 

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini