Intip 6 Calon PJ Gubernur Pengganti Anies Baswedan

Intip 6 Calon PJ Gubernur Pengganti Anies Baswedan Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Masa jabatan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta akan segera berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Kurang lebih tinggal 2 bulan lagi Anies memimpin DKI Jakarta. Untuk mengisi posisi kekosongan jabatan, baru-baru ini dikabarkan PJ (Penjabat) Gubernur pengganti Anies Baswedan berjumlah 6 orang. 

Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri tengah mengusulkan tiga nama calon pengganti Anies Baswedan kepada Presiden Jokowi. Bukan hanya dari Kemendagri atas persetujuan Tito, DPRD DKI Jakarta juga menyiapkan tiga usulan nama melalui surat yang telah dikirimkan oleh Kemendagri. 

Baca Juga: Usai Bertemu Gubernur Tokyo, Anies Baswedan Pamer: Kemarin Dengan Rotterdam, Besok Dengan Los Angeles

"Untuk DKI tahapnya kami sudah kirim surat kepada DPRD DKI, kemarin saya tandatangani, nanti dari Kemendagri akan melihat ada mungkin tiga nama, tiga nama DPRD, tiga nama Kemendagri," ujar Mendagri Tito Karnavian saat rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8). 

Nantinya akan ada enam nama usulan PJ Gubernur DKI Jakarta yang akan diserahkan kepada Presiden Jokowi. Pun nantinya, Jokowi akan menggelar rapat untuk menentukan yang dipilih menjadi PJ Gubernur DKI Jakarta sampai waktu pemilihan umum tiba. 

Mekanisme pemilihan PJ Gubernur DKI Jakarta tidak ditentukan oleh Presiden Jokowi melainkan melalu sidang paripurna yang didalamnya ada KPK dan Polri yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Hasilnya nanti akan transparansi. 

 Baca Juga: Datang ke Kantor Anies, Wali Kota Los Angeles Puji-puji MRT: Ide-idenya ini Mau Saya Bawa...

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini