Harga BBM Non-Subsidi Resmi Turun, Bagaimana Dengan Harga Pertalite?

Harga BBM Non-Subsidi Resmi Turun, Bagaimana Dengan Harga Pertalite? Kredit Foto: Antara/Abriawan Abhe

Ditengah isu kenaikan harga bahan bakar minyak (bbm) bersubsidi yang ramai dibicarakan justru PT Pertamina Persero menurunkan harga bbm nonsubsidi mulai hari ini 01 September 2022. 

Jenis bahan bakar minyak (bbm) non subsidi yang resmi turun harga adalah Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. 

Hal ini dilakukan untuk penyesuaian harga bahan bakar minyak (bbm) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. 

Adapun rincian harga dari masing-masing jenis bbm non subsidi:

  • Pertamax Turbo dari harga Rp 17.900/liter menjadi Rp 15.900/liter.
  • Pertamina Dex dari harga Rp 18.900/liter menjadi Rp17.400/liter. 
  • Dexlite dari harga Rp 17.800/liter menjadi Rp 17.100/liter. 

Lantas, bagaimana dengan harga bahan bakar minyak (bbm) jenis Pertalite?

Baca Juga: Jelang Kenaikan Harga BBM Pertalite dan Solar, Banyak Hal yang Sudah Terjadi, Apa Saja?

Untuk saat ini, kebijakan mengenai kenaikan harga bbm subsidi jenis pertalite masih belum diteken. Terbukti dengan harga bbm jenis pertalite yang belum mengalami perubahan yakni Rp 7.650/liter. 

Presiden Jokowi menjelaskan, kebijakan mengenai kenaikan harga Pertalite dan Pertamax masih dikalkulasi dan didiskusikan lebih lanjut dengan semua pihak dan team yang terlibat. Pasalnya memang banyak masyarakat yang kurang setuju dengan kebijakan menaikan harga bbm jenis subsidi ini.

Kendati demikian, pada Selasa (31/08) malam hari terpantau dari akun sosial media, banyak masyarakat yang panic buying terkait isu kenaikan harga pertalite. Banyak masyarakat yang menyerbu SPBU. 

Pihak Pertamina pun menghimbau masyarakat untuk tidak panik secara berlebihan. Agar kuota bbm subsidi yang disediakan oleh Pemerintah dapat tercukupi dengan baik dan merata. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini