Meski Jadi Tersangka, Putri Candrawatahi Tidak Tahan, Apa Alasannya?

Meski Jadi Tersangka, Putri Candrawatahi Tidak Tahan, Apa Alasannya? Kredit Foto: Istimewa

Putri Candrawathi merupakan satu dari lima tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Meski sudah menjadi tersangka, namun Putri Candrawathi tidak ditahan oleh pihak Polri. Polri mengungkapkan, Putri Candrawathi diwajibkan lapor 2x seminggu. 

Arman Hanis selaku kuasa hukum Putri Candrawathi telah meminta dan mengajukan permohonan kepada penyidik supaya Putri tidak ditahan karena kondisi Putri yang belum stabil dan memiliki anak kecil. Adapun pengajuan tersebut dikarenakan sudah sesuai dengan pasal 31 ayat 1 KUHAP. Pihaknya mengatakan alasan tersebut atas dasar kemanusiaan. 

Lebih lanjut, pihak polri yang menangani kasus Putri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto menjelaskan sekaligus menyetujui permohonan kuasa hukum Putri Candrawathi untuk tidak menahan Putri dengan mempertimbangkan tiga alasan berikut ini:

Baca Juga: Putri Candrawathi Pakai Alasan Anak BIar Enggak Ditahan, “Salah Netizen Juga Terlalu Nge-bully”!

  • Kondisi kesehatan Putri Candrawathi yang belum pulih dan stabil. 
  • Kondisi ini berkaitan dengan alasan kemanusiaan
  • Putri Candrawathi memiliki anak balita yang masih butuh perhatian dari ibunya. 

Selain tiga alasan tersebut, polri juga menjelaskan bahwa Ferdy Sambo pun juga sudah ditahan. Lebih lanjut, meski tidak tahan, Putri Candrawathi juga sudah dicekal untuk tidak berpergian ke luar negeri selama 20 hari mulai dari 23 Agustus 2022 hingga 11 September 2022. Pencekalan Putri merupakan permohonan dari Bareskrim Mabes Polri. 

Baca Juga: Putri Candrawathi Tidak Ditahan, Pelaku Nyolong Ayam Ditahan, Ini Pelaku Pembunuhan Berencana Berkeliaran

Kabar Putri Candrawathi tidak ditahan lantas menuai banyak pro dan kontra di masyarakat. Banyak warganet yang kontra dengan keputusan tersebut. Alasan kemanusiaan dan memiliki balita menurut warganet tidak sesuai dengan keadilan di masyarakat. Karena hal tersebut, banyak warganet yang membandingkan kasus Putri Candrawathi dengan beberapa artis yang harus ditahan meski memiliki bayi. 

Beberapa di antaranya adalah kasus Vanessa Angel yang harus mendekam beberapa bulan di penjara padahal memiliki bayi berumur 4 bulan, lalu ada kasus Angelina Sondakh yang harus mendekam di jeruji besi padahal memiliki anak di bawah umur (3 tahun). 

Jika berbicara kemanusiaan, sangat banyak di luar sana orang tua yang ditahan dan harus rela meninggalkan anaknya padahal kasus mereka simple dan hanya merugikan diri sendiri. Selain itu, pengamat juga memberikan alasan Putri Candrawathi tidak ditahan karena power Ferdy Sambo yang masih kuat di internal Polri. 

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini