Terungkap! Ternyata Ini Alasan Rizal Ramli Dipecat Jadi Menteri: Gegara Jusuf Kalla

Terungkap! Ternyata Ini Alasan Rizal Ramli Dipecat Jadi Menteri: Gegara Jusuf Kalla Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengungkap alasan mengapa dirinya dicopot dari menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketika itu, dia mengatakan bahwa saat dirinya menjadi menteri menerapkan prinsip jurus ilmu silat. Pertama, rajawali ngepret yakni ia tak pandang bulu dengan siapa pun jika kerjanya tidak beres.

"Rajawali ngepret, yang gak beres kita kepret, siapa pun termasuk pejabat," ujar Rizal Ramli dikutip dari Youtube HAS Creative, Senin (5/9/2022).

Baca Juga: Jokowi Mohon-Mohon ke Rizal Ramli Agar Mau Jadi Menteri: Gue Digituin Langsung Lemes

"Yang kedua, Rajawali bangkit atau bangun. Ini jurus ilmu silat sebenarnya, kepret dan bangun. Nah, itu kita bikin macam-macam buat ngebangkitin ekonomi Indonesia, kita kepret yang gak bener," ungkapnya.

Namun, Rizal mengaku tindakannya tersebut membuat banyak pihak terganggu. Sehingga banyak yang meminta kepada Jokowi agar dirinya dicopot dari jabatan menteri.

Menurutnya, ada dua sosok penting menjadi penyebab dirinya dicopot dari jabatan Menteri Koordinator Bidang kemaritiman pada tahun 2016 silam.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Jokowi Langsung Digas Rizal Ramli: Nggak Kreatif, Selalu Pakai Cara Gampang, Dasar Koplak!

"Salah satu yang kepengen saya diganti itu cukong reklamasi, dia bersedia bayar agar kita diganti," ujarnya.

Kendati begitu, Rizal Ramli tidak menyebut identitas investor yang dia maksud tersebut.

Kemudian yang kedua adalah Wakil Presiden saat itu, Jusuf Kalla (JK). Rizal menyebut, JK meminta Jokowi agar mengganti dirinya lantaran kalah bersinar di Kabinet Pemerintahan.

Baca Juga: Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla Ungkap Sosok Pemersatu Bangsa Di Pilpres 2024

"Yang kedua Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memang kalah wibawa dengan saya di dalam. Akhirnya Jokowi menyerah, digantilah Rizal Ramli," ungkap Rizal.

Meski dirinya dicopot dari jabatan menteri, Rizal Ramli mengaku tidak masalah. Dia pun menyatakan akan tetap berkontribusi untuk kemajuan Indonesia meski di luar pemerintahan.

Untuk diketahui, Rizal Ramli menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sejak bulan Agustus 2015 hingga akhirnya dipecat pada Juli 2016. Posisi Rizal Ramli saat itu digantikan oleh Luhut Binsar Panjaitan.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover