Profil Azwar Anas Calon Menpan RB yang Bakal Dilantik Jokowi

Profil Azwar Anas Calon Menpan RB yang Bakal Dilantik Jokowi Kredit Foto: Istimewa

Presiden Jokowi akhirnya akan melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) yang baru pengganti Tjahjo Kumolo pada siang ini, Rabu (7/9/2022).

Sudah dua bulan usai kematian Tjahjo Kumolo kursi Menpan-RB dibiarkan kosong, diisi sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Kini Jokowi resmi menunjuk Adullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB baru menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli lalu.

Baca Juga: Akhirnya! Jokowi Akan Lantik Menteri PAN-RB Baru Pengganti Tjahjo Kumolo Siang Ini

Mungkin tak banyak masyarakat yang mengenal sosok Azwar Anas ini, berikut profilnya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Mantan Bupati Banyuwangi

Azwar Anas pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode yaitu pada 2010-2015 ketika diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan periode 2016-2021 yang diusung PDI Perjuangan.

Ketika menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Azwar Anas dinilai berhasil mendorong pariwisata di kabupaten tersebut termasuk dengan menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti Tour de Ijen, Banyuwangi Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Banyuwangi Jazz Festival.

Baca Juga: Anies Dipanggil KPK Perkara Formula E, Ruhut Nyinyir: Kadrun Kok Congornya Nggak Ngebacot ?

Di bawah kepemimpinannya itu, Banyuwangi meraih penghargaan Innovation Goverment Award sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia sejak 2018. Sejumlah inovasi Banyuwangi antara lain di bidang pendidikan ada Gerakan Daerah Angkat Anak Muda Putus Sekolah (Garda Ampuh), program Banyuwangi Mengajar, pemberian uang saku dan uang transportasi bagi pelajar dari keluarga kurang mampu.

Di sektor kesehatan ada program jemput bola perawatan bagi warga miskin yang sakit, laskar penjaja sayur yang memburu ibu hamil berisiko tinggi hingga inovasi "Teropong Jiwa" untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), program sosial pemberian makanan bergizi gratis setiap hari kepada lansia miskin sebatangkara yang diberi nama "Rantang Kasih" dan di bidang peternakan ada e-ternak yakni kartu elektronik ternak (e-Nak) untuk mendata ternak yang berisi data riwayat ternak sapi.

Wakil Rakyat Termuda

Jauh sebelum menjadi Bupati Banyuwangi, Azwar Anas pernah menjabat sebagai anggota MPR termuda yang dilantik saat usianya masih 24 tahun di tahun 1997-1999. Kemudian ia pun kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk periode 1999-2004, tetapi gagal melanggeng ke Senayan karena perolehan suaranya kurang.

Baca Juga: Akhirnya, Puan Maharani Merespon Demo Penolakan Kenaikan Harga BBM di Depan Gedung DPR RI, Begini Katanya...

Pada Pemilu berikutnya, ia berhasil menjadi anggota DPR Fraksi PKB untuk periode 2004-2009 menggantikan rekannya separtainya yang meninggal dunia.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU)

Azwar Anas ini dikenal sebagai tokoh NU yang dekat dengan kiai dan dunia pesantren. Hal ini tak lepas dari latar belakang kehidupannya sejak kecil. Ia dibesarkan dalam lingkungan pesantren dengan agama yang kuat. Sejak belia Azwar Anas mengenyam pendidikan MI sampai SMA dengan latar dunia pesantren.

Baca Juga: Jokowi dan Megawati Sudah Membahas Calon Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo, Siapakah Sosoknya?

Azwar Anas juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) masa bhakti 2000-2003, setelah memenangi pemilihan ketua umum pada perhelatan Kongres IPNU di Makassar tahun 2000 silam.

Ketika Azwar Anas purnatugas dari jabatan Bupati, ia secara khusus memohon maaf kepada kiai bila selama memimpin Kabupaten Banyuwangi masih banyak salah dan kekurangan. "Saya tinggal beberapa hari lagi merampungkan jabatan sebagai Bupati Banyuwangi. Selama ini, saya banyak dibantu oleh para kiai semua, yang selalu memberikan doa maupun nasehat," ujar Azwar Anas di Auditorium IAIN Ibrahim Banyuwangi, Minggu (14/2/2021).

Kepala LKPP

Usai purnatugas jadi Bupati, Azwar Anas pun ditunjuk sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) oleh  Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa sejak 13 Januari 2022.

Abdullah Azwar Anas berhasil menjadi kepala LKPP setelah melalui 5 tahapan tes yaitu seleksi administrasi, rekam jejak, penulisan makalah, asesmen center, dan tes kesehatan sejak 9 November 2021.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover