Surya Paloh Beri Isyarat NasDem, PKS, dan Demokrat Akan Berkoalisi Dukung Anies Baswedan Capres 2024

Surya Paloh Beri Isyarat NasDem, PKS, dan Demokrat Akan Berkoalisi Dukung Anies Baswedan Capres 2024 Kredit Foto: Kolase Anies-Paloh/twitter

Katua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengisyaratkan partai besutannya akan berkoalisi dengan Demokrat dan PKS.

Awalnya, Paloh menyebut NasDem tidak mungkin bisa mengusung Capres sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain di Pilpres 2024. Sebab, kursi NasDem di DPR kurang dari 20 persen.

Oleh karena itu, menurutnya, NasDem tengah menjalin komunikasi dengan partai lain yang mempunyai visi sama menyongsong Pilpres mendatang.

Baca Juga: Sudah Sepakat, NasDem Bakal Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Capres Pada 10 November 2022

Setidaknya NasDem sedang menjajaki kerja sama dengan dua partai lain sehingga bisa memenuhi presidential threshold 20 persen.

"Sedikit-dikitnya tiga partailah. (Tiga) termasuk NasDem," ujar Paloh dalam program Blak-Blakan yang disiarkan akun Youtube detikcom, Kamis kemarin.

Paloh menyebut meski tak secara gamblang, saat ini partainya sedang dekat dengan PKS dan Demokrat.

Baca Juga: Setelah Diperiksa KPK terkait Formula E, Gimana Nasib Anies di Partai NasDem Menuju Pilpres?

Ketiga partai tersebut, katanya, akan mendeklarasikan koalisi dalam waktu dekat.

Bos media grup ini mengatakan, NasDem akan mendeklarasikan koalisi dan Capres yang diusungnya sebelum akhir tahun 2022 ini.

"Saya pikir sebelum akhir tahun ini. Termasuk juga calon. Karena kalau tidak, untuk apa kita deklarasikan," tegas Paloh.

Baca Juga: Anies Dipanggil KPK, Pengamat: Ada Kelompok yang Memanfaatkan Momen Agar Elektabilitas Anies Turun

Menurut dia, memang lebih baik diumumkan koalisi dan nama Capres lebih awal agar bisa mempersiapkan diri sejak dini menyongsong 2024.

“Tidak perlu harus menunda lebih jauh tunggu tahun depan,” ucapnya.

Paloh pun memastikan Capres yang akan diusung adalah salah satu dari tiga nama yang dihasilkan Rakernas NasDem, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, atau Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: Survei SMRC: Anies Baswedan Berpeluang Besar Jadi Presiden Jika Ganjar Gak Maju di Pilpres 2024

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan partainya akan mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres yang diusung pada Pilpres 2024. Rencananya deklarasi pengusungan Anies itu dilakukan pada 10 November 2022 atau bertepatan dengan hari Pahlawan.

"Kalau kesepakatannya sudah terbangun ya bisa jadi 10 November (NasDem tetapkan Anies sebagai capresnya)," kata Willy Aditya Rabu (7/9).

Willy mengklaim pihaknya sudah melakukan komunikasi intens dengan Anies Baswedan. Saat ini, dua pihak sedang menunggu kesepakatan untuk deklarasi.

“Komunikasi intens ya, tapi kita lihat deklarasinya 10 November itu memungkinkan sekali,” ucap anggota Komisi XI itu.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover