Heboh Peretasan Data, BSSN: Keamanan Data Tanggung Jawab Bersama

Heboh Peretasan Data, BSSN: Keamanan Data Tanggung Jawab Bersama Kredit Foto: Republika

Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) buka suara soal dugaan adanya berbagai kebocoran data yang terjadi akhir-akhir ini. Juru Bicara BSSN, Ariandi Putra mengatakan bahwa keamanan siber bukan tanggung jawab lembaganya semata, tapi tanggung jawab bersama. 

Ia menekankan, Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) harus memastikan keamanan sistem elektronik sesuai amanat undang-undang.

"BSSN menegaskan bahwa keamanan siber merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, BSSN memberikan dukungan teknis dan meminta seluruh PSE untuk memastikan keamanan Sistem Elektronik di lingkungan masing-masing sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik," katanya dalam keterangan yang diterima Populis.id pada Sabtu (10/09/2022).

Baca Juga: Hasil Tes Kebohongan Ferdy Sambo dan Bu Putri Candrawathi Nggak Diungkap, IPW Auto Ngegas: Penyidik Diskriminatif! Gak Konsisten

"Aturan itu menyatakan bahwa, setiap Penyelenggara Sistem Elektronik harus menyelenggarakan Sistem Elektronik secara andal dan aman serta bertanggung jawab terhadap beroperasinya Sistem Elektronik sebagaimana mestinya," sambungnya.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini BSSN telah melakukan penelusuran terhadap beberapa dugaan insiden kebocoran data yang terjadi. Jajarannya pun sudah  melakukan validasi terhadap data-data yang dipublikasikan.  

"BSSN juga telah melakukan koordinasi dengan setiap PSE yang diduga mengalami insiden kebocoran data, termasuk dengan PSE di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara," tuturnya.

 Baca Juga: Ormas Sayap Gerindra, Gemira Dukung Prabowo Maju di Pilpres 2024, Sudah Konsolidasi ke Kiai-kiai

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover