Ketua DPRD DKI Jakarta Temui Jokowi di Istana, SetorNama Pengganti Anies Baswedan?

Ketua DPRD DKI Jakarta Temui Jokowi di Istana,  SetorNama Pengganti Anies Baswedan? Kredit Foto: Instagram/Prasetyo Edi Marsudi

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menjelaskan maksud dan tujuannya saat menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu.

Pras sapaan akrab Prasetio mengatakan bahwa dalam pertemuannya itu turut membahas soal surat edaran yang datang dari Kementerian Dalam Negeri terkait hak DPRD DKI untuk mengusulkan nama calon Penjabat (Pj) Gubernur.

Baca Juga: Hasil Uji Balistik Sebut Eksekutor Brigadir J Lebih dari Dua Orang, Putri Candrawathi Diduga Ikut Menembak Yosua, Sadis Betul!

"Ya saya menanyakan kepada beliau mengenai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, Presiden kan dulunya Gubernur DKI Jakarta," kata Prasetyo saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022). 

Sebagaimana diketahui, Penentuan Pj Gubernur itu nantinya akan diputuskan langsung oleh Presiden dengan merujuk nama-nama yang diusulkan oleh DPRD DKI dan Kemendagri. 

Dalam pertemuan itu, Pras mengaku dirinya sama sekali tidak mengintervensi atau menyetorkan nama terkait Pj Gubernur yang dinilai cocok untuk menjadi pengganti Gubernur Anies Baswedan. 

"Enggak, enggak setor (nama soal Pj Gubernur)," ujarnya.

Pras juga mengaku tak keberatan jika pada akhirnya Presiden Jokowi memilih Pj Gubernur yang bukan berasal dari usulan DPRD DKI. Ia tak masalah asalkan sosok yang dipilih nantinya berasal dari eselon satu.

"Ya gapapa, gak ada masalah yang penting eselon satu," pungkasnya.

Saat ini, DPRD DKI tengah menyusun mekanisme pengusulan dalam menentukan tiga nama calon Pj Gubernur untuk diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri. Disisi lain, Kemendagri juga punya hak yang sama untuk mengusulkan tiga nama Pj Gubernur.

Baca Juga: Kerasukan Hantu VOC, Kelakuan Anies Baswedan Semakin Nggak Masuk Akal, Siap-siap Aja Nama Indonesia Bakal Diganti Jadi Hindia-Belanda!

Sehingga nantinya akan ada 6 nama yang akan diserahkan ke Presiden untuk selanjutnya dipilih sebagai Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan periode 2022- 2024.

Terkait

Terkini

Populis Discover