Ngeri! Sebut TNI Lebih-lebih dari Ormas, Effendi Simbolon Bakal Dicari Sampai Ujung Dunia: Jangan Adu Domba TNI!

Ngeri! Sebut TNI Lebih-lebih dari Ormas, Effendi Simbolon Bakal Dicari Sampai Ujung Dunia: Jangan Adu Domba TNI! Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon, memancing amarah para anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) setelah menyebut mereka seperti gerombolan.

Tak hanya itu, Effendi bahkan menyebut kelakuan TNI melebihi organisasi masyarakat (ormas).

Baca Juga: Kejagung Tunjuk 43 Jaksa Perkara Pidana Ferdy Sambo dan 6 Anggota Polri

Hal itu disampaikan oleh Effendi saat rapat kerja bersama Panglima TNI di DPR pada Senin (5/9/2022).

Pernyataan tersebut didasari dengan temuan dan informasi yang didapat Komisi I soal isu ketidakharmonisan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Politisi PDIP itu juga menyinggung informasi mengenai ketidakpatuhan sampai pembangkangan yang ada di dalam tubuh TNI sehingga hal itulah yang membuatnya menilai TNI seperti gerombolan.

Ia mengatakan, “Ini TNI kaya gerombolan ini. Lebih-lebih ormas, jadinya tidak ada kepatuhan.”

Menanggapi pernyataan Effendi, video para anggota TNI pun tersebar di media sosial. Ia didesak untuk membuat klarifikasi dan permintaan maaf.

Sebuah video yang menampilkan Kopral Dua Arif diunggah oleh sesama politisi PDIP, Ruhut Sitompul, di media sosialnya pada Senin (12/9/2022).

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, Arif meminta Effendi untuk menyampaikan permintaan maaf kepada TNI secara terbuka.

Baca Juga: Kota Tua Kok Dirubah Nama Jadi Batavia, Anies... Anies... Amit-amit Kalau Jadi Presiden!

Jika tidak mau melakukan hal itu, maka ia mengaku akan mencari Effendi bahkan sampai ke ujung dunia.

“Hei, kau Effendi Simbolon, anggota dewan Komisi I DPR RI. Saya kopral, saya tidak terima TNI dibilang seperti gerombolan. Saya minta kamu segera minta maaf secara terbuka kepada TNI,” ujarnya dikutip Populis.id dari cuitan akun Twitter @ruhutsitompul pada Selasa (13/9/2022).

Kopral Dua Arif melanjutkan, “Kalau kamu tidak minta maaf, sampai di mana pun kamu akan saya cari sampai di ujung dunia. Nih Kopral Dua Arif.”

Dalam video yang diunggah Ruhut pada cuitan lainnya, terlihat sejumlah anggota TNI yang menuntut klarifikasi dari Effendi.

Salah satu orang mengatakan, “Hai Effendi Simbolon. Apa maksud saudara mengatakan TNI seperti gerombolan lebih-lebih dari ormas? Kami tidak terima. Jangan adu domba TNI. TNI tetap solid.”

“Kami tunggu klarifikasi Anda. Bravo TNI!” tegas semua anggota TNI dalam video itu secara serempak.

Baca Juga: Main Keroyokan! PKB dan Demokrat Kompak Nyinyirin Acara Kumpul-kumpul Jokowi Bareng Relawan di GBK, Pasang Kuping Baik-baik!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover