DPRD DKI Resmi Lengserkan Anies, Giring PSI Langsung Nyeletuk Soal Pj Gubernur: Semoga Orang yang Mencintai DKI

DPRD DKI Resmi Lengserkan Anies, Giring PSI Langsung Nyeletuk Soal Pj Gubernur: Semoga Orang yang Mencintai DKI Kredit Foto: Instagram/Giring Ganesha

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha berharap Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan dapat bekerja dengan sepenuh hati yang berlandaskan pada keragaman dan kesejahteraan.

Awalnya, Giring mengaku bersyukur Rapat Paripurna DPRD DKI dengan agenda pemberhentian Anies dari jabatan gubernur telah usai dilaksanakan tadi pagi.

"Sebuah administrasi kenegaraan telah dilalui dengan baik hari ini SE no. 131/2188/OTDA Kemendagri," ujar Giring dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: Sebentar Lagi Lengser, Anies Baswedan Dilarang Keras Utak Atik Jabatan di Lingkungan Pemprov DKI

"Kami PSI berharap pengganti beliau (Anies) adalah orang yang mencintai DKI Jakarta sepenuh hati berlandaskan keragaman dan kesejahteraan," sambung dia.

Eks vokalis grup band Nidji ini mengaku belum mengetahui sosok pengganti Anies sebagai Gubernur Jakarta.

Kendati demikian, DPRD DKI Jakarta telah mengumumkan nama tiga calon Pj Gubernur pengganti Anies.

Baca Juga: Geleng-geleng Lihat Gaji Ahok di Pertamina, Loyalis Anies Mencak-mencak: Kerjanya Tak Becus, Kecuali Ngomong Kotor!

Ketiga nama itu ialah Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali.

Diketahui Fraksi PSI DPRD DKI sendiri mengusulkan tiga nama calon pengganti Anies. Mereka ialah Heru Budi Hartono, Marullah Matali, dan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro.

Nantinya, ketiga nama yang diusulkan DPRD DKI akan dipilih oleh Presiden Jokowi untuk dilantik sebagai Pj Gubernur.

Baca Juga: Resmi Umumkan Pemberhentian Masa Jabatan Anies-Ariza, DPRD DKI Langsung Sodorkan 3 Nama Calon PJ ke Kemendagri

Sebelumnya, DPRD DKI menggelar Rapat Paripurna pengumuman pemberhentian Anies dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria dari jabatannya.

Dalam rapat itu, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi mengumumkan langsung berakhirnya masa jabatan Anies dan Riza Patria.

"Saudara Anies Rasyid Baswedan dan saudara Ahmad Riza Patria masing-masing sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah dengan masa jabatan 2107 hingga 2022 diusulkan pemberhentian sebagai kepala daerah dan wakil kepala Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta," ujar Pras sapaan akrabnya di Gedung DPRD, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022).

Pras menjelaskan usulan pemberhentian tersebut telah sesuai dengan sejumlah aturan. Seperti Keputusan Presiden Indonesia nomor 83/P Tahun 2017 tentang pengesahan pemberhentian gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 dan pengangkatan gubernur masa jabatan 2017-2022.

Baca Juga: Label Gereja Dicopot Para Pengungsi Setelah Terima Bantuan, Bupati Cianjur: Labelnya Terlalu Menonjol, Tidak Benar Itu!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover