Nah Loh! Ada Kemungkinan Bjorka Bukan Meretas, Tapi Dapat 'Umpan Lambung' Hingga Bisa Sebar Data

Nah Loh! Ada Kemungkinan Bjorka Bukan Meretas, Tapi Dapat 'Umpan Lambung' Hingga Bisa Sebar Data Kredit Foto: Twitter/Bjorka

Ahli Keamanan Siber, Pratama Pershada mengimbau kepada negara untuk melacak sosok peretas dengan nama samaran Bjorka. Menurutnya, perlu ditelisik lebih dalam apakah yang bersangkutan mendapat data benar-benar dari  atau ternyata dari pihak tertentu.

"Sebaiknya perlu diketahui dulu siapa Bjorka, lalu apakah data didapatkan lewat peretasan atau ada orang dalam yang membocorkan. Jadi dari sisi teknis harus diketahui. Karena itu dibutuhkan digital forensic untuk mengetahui apakah kebocoran data terjadi alibat peretasan atau bukan," katanya kepada Populis.id pada Rabu (14/09/2022).

"Bila tidak ditemukan jejak dan lubang keamanan, bisa jadi kemungkinan ada insider threat attack alias kebocoran data akibat orang dalam," ucapnya

Baca Juga: Kecele, Bjorka Udah Capek-capek Nyebarin Data Pribadi, Mahfud MD Si Santai: Bukan Rahasia, Gak Perlu Dibocorkan...

Ia menyebutkan bahwa aksi seperti Bjorka bisa dilakukan siapa saja, bahkan kalau pelakunya sudah mahir maka akan sulit mendeteksi siapa dan dimananya. Jadi harus menggunakan dua upaya untuk mengatasi ini, yakni pendekatan teknis dan intelijen.

"Karena bila mentok ditelusuri sulit, mau tidak mau penelusuran harus lewat informasi dari banyak pihak tentang siapa Bjorka ini," tuturnya.

Baca Juga: Bjorka Membabi Buta Sebar Data, PKS Teriaki Pemerintah: Memalukan Ini Bukan Bocor, Tapi Jebol!

Pratama menyebutkan bahwa Bjorka diduga akun anonim mengaku dari luar negeri. Maka bisa saja dilakukan tracing atau penelusuran, namun jika Bjorka memang jago dan memakai tools untuk memalsukan posisinya maka tetap sulit dilakukan tracing, meski bukan hal yang tidak mungkin.

" Tracing tidak hanya secara teknis namun juga lewat tracing jejaring hacker, dicari informasi siapa Bjorka di komunitas internet dan hacker," ucapnya.

Baca Juga: Satu Indonesia Dibikin Heboh Sama Bjorka, Orang Golkar Bilang Pengamanan Siber Kita Lemah!

Aparat, kata dia, punya pengalaman menangkap peretas tiket.com yang mengambil keuntungan lebih dari 2 miliar rupiah. Lalu juga pernah menangkap peretas website KPU. Yang paling terkenal adalah menangkap para admin dari akun anonim @triomacan2000.

"Artinya kemampuan ini dimiliki oleh aparat kepolisian. Namun ini juga tergantung seberapa hebat Bjorka, entah dia sendirian maupun timnya dalam menyembunyikan identitas serta lokasinya," pungkasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover