Intip Profil Hingga Kekayaan Calon PJ Gubernur DKI Jakarta Usulan DPRD DKI Jakarta

Intip Profil Hingga Kekayaan Calon PJ Gubernur DKI Jakarta Usulan DPRD DKI Jakarta Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Rabu (14/09) Prasetio Edi Marsudi selaku ketua DPRD DKI Jakarta sudah menyerahkan tiga nama usulan calon penjabat pengganti (Pj Gubernur) kepada Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. 

Adapun nama-nama tersebut merupakan usulan dari DPRD DKI Jakarta yang telah disortir dari sembilan nama yaitu Heru Budi Hartono selaku Kepala Sekretariat Kepresiden (Kasetpres), Marullah Matali selaku Sekretaris Daerah (Sekda) dan Bahtia selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Politik Pemerintah Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Keputusan ini sudah diputuskan setelah Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) selesai bersama dengan sembilan fraksi DPRD DKI Jakarta pada 13 September 2022 lalu. 

Lalu, bagaimana dengan profil lengkap hingga harta kekayaan yang dimiliki oleh ketiga usulan nama tersebut?

Heru Budi Hartono 

Heru Budi Hartono, pria kelahiran Sumatera Utara tepatnya pada tanggal 13 Desember 1965. Namanya di bangku pemerintahan sudah tidak asing lagi. Pasalnya sejak tahun 1993 Heru sudah malang melintang di pemerintahan DKI Jakarta. 

Karirnya di pemerintahan dimulai sejak dia menjabat sebagai Staf Khusus Wali Kota Jakarta Utara (1993). Dari situ perjalanannya di bangku pemerintahan terbilang sangat baik dan bahkan mendapatkan posisi strategis. Tahun 2014, beliau menjadi Walikota Jakarta Utara, lalu di tahun 2015, Heru menjabat sebagai Kepala Bagian Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta dan di tahun 2017 dia menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden RI hingga saat ini. 

Tak tanggung-tanggung, bahkan beliau sempat ingin menjadi cawagub DKI Jakarta beserta dengan Ahok saat ingin maju menjadi Gubernur melalui jalur independen. Namun, nasib baik tak berpihak, nyatanya Ahok maju pemilu melalui jalur partai 

Berapa jumlah harta kekayaan Heru Budi Hartono? diketahui, Heru Budi Hartono memilliki jumlah harta kekayaan mencapai Rp 31,9 milliar. Harta kekayaan itu meliputi 12 bidang tanah bangunan yang ada di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bekasi, Bogor, serta Karawang. Lalu ada tujuh unit kendaraan hingga surat berharga lainnya. 

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Datangi Kantor Kemendagri, Berkas Tiga Nama Calon Pj Gubernur Pengganti Anies Belum Diterima Pak Tito

Marullah Matali

Marullah Matali merupakan seorang putra Betawi kelahiran Pondok Labu, 27 November 1965. Beda tiga tahun dengan Heru Budi Hartono, Marullah Matali sudah berkarir di bidang pemerintahan DKI Jakarta sejak tahun 1996.

Adapun jabatan yang pernah diemban oleh Marullah Matali sebelum di posisinya sekarang yakni Walikota Administrasi Jakarta Selatan (2018-2021) dan Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan serta Kepala Biro Pendidikan dan Mental Provinsi DKI Jakarta. Saat ini Marullah Matali menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta. 

Adapun jumlah harta kekayaan yang dimiliki oleh Marullah Matali sebesar Rp 4,97 milliar. Dengan rincian sebagai berikut 21 asetB tanah di beberapa daerah, 2 unit motor, satu unit mobil, dan harta bergerak lainnya, 

Bahtiar 

Bahtiar adalah pria yang berasal dari Bone, Sulawesi Selatan. Pengalamannya dalam bidang pemerintahan tak bisa dianggap remeh. Pasalnya sebelum diangkat menjadi Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtir pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri. 

Adapun riwayat lengkap perjalanan Bahtiar:

  • Kasubdit Ormas Ditjen Polpum, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)
  • Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen), Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)
  • Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri)
  • Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)

Diketahui jumlah harta kekayaan yang dimiliki oleh Bahtiar sebesar Rp 5 milliar yang terdiri dari delapan aset bangunan yang berada di Depok, satu unit mobil dan satu unit motor. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini