Soal Duet Airlangga-Khofifah di Pilpres 2024, Begini Tanggapan PAN

Soal Duet Airlangga-Khofifah di Pilpres 2024, Begini Tanggapan PAN Kredit Foto: Antara/Irfan Anshori

Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya sedang memonitor Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal itu ia sampaikan untuk merespons usulan menduetkan Airlangga Hartarto dengan Khofifah di Pilpres 2024.

"Sampai saat KIB masih belum menentukan Paslon yang akan diusung di Pilpres 2024. Yang sudah pasti bahwa ada calon internal KIB sebagai calon prioritas, yaitu Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan dan Mardiono," ujarnya saat dihubungi, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Punya Basis Massa di Jawa Timur, Khofifah Dinilai Cocok Dampingi Airlangga di Pilpres 2024

Meski demikian, KIB juga memonitor figur populer di luar. "Mereka masuk radar monitoring, salah satunya Khofifah," imbuh Viva Yoga. Karena masih monitoring maka keputusannya belum ada. 

Namun, Viva Yoga menjelaskan alasan nama Khofifah masuk dalam radar menurutnya bukanlah karena sekadar representasi gender.

"Soal pilpres 2024 dikaitkan dengan perspektif gender, itu boleh saja. Tetapi persoalan gender di pilpres 2024 menjadi faktor nonsignifikan," katanya.

Baca Juga: Guna Tandingi Puan, Pengamat Sebut Khofifah Harus Jadi Cawapres 2024 Dampingi Airlangga

Menurutnya, pemilu sebagai pengejahwantahan kedaulatan rakyat dibangun oleh nilai kesetaraan, termasuk gender equality.

"Karena demokrasi lebih menekankan pada keadilan hak, apakah dia lelaki atau perempuan. Demokrasi pemilu dibangun atas dasar one person, one vote, one value," pungkasnya.

Baca Juga: Putri Candrawathi Mengamuk Sejadi-jadinya ke Ferdy Sambo: Dari Awal Saya Sudah Tidak Mau, Kenapa Kamu Melibatkan Saya dalam Skenario Ini?

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover