WHO: Akhir Pandemi Covid-19 Semakin Dekat

WHO: Akhir Pandemi Covid-19 Semakin Dekat Kredit Foto: Reuters/Denis Balibouse

Sudah dua tahun pandemi covid-19 berdampingan dengan kehidupan kita. Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, akhir pandemi covid-19 sudah semakin dekat. 

Pernyataan tersebut didukung dengan adanya penurunan kasus covid-19 secara dratis sejak tahun 2020 di dunia. Di Indonesia, kasus covid-19 kian melandai, diketahui per September 2022 hanya ada 1.848 kasus covid-19, sedangkan pasien sembuh bertambah 3.465 sedangkan yang meninggal 17 orang. 

Sejak muncul di akhir 2019 virus covid-19 sudah menewaskan hingga 6 juta+ orang dan 606 juta orang diseluruh dunia sudah terinfeksi. Sedangkan di indonesia sendiri, kasus covid-19 sudah menewaskan 158ribu orang dan total kasus hingga saat ini mencapai 6,4 juta kasus. 

Efek pandemi covid-19 pun benar-benar berasa. Semua sektor terkena dampaknya, terlebih lagi sektor ekonomi dan pariwisata yang mengalami terjun bebas dan sektor kesehatan. 

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Saat Ini Tak Lagi Lawan Penjajah, Tapi Berjuang untuk Pulih Dari Pandemi

"kita belum ada di sana (akhir pandemi covid-19). Tapi akhir sudah di depan mata." kata Tedros Adhanom Ghebreyesus di konferensi pers virtual yang dikutip dari berbagai sumber. 

Meski jumlah kasus covid-19 kian melandai, negara tidak boleh lengah dan lemah untuk melawan virus covid-19. Dari konferensi pers ini, WHO memperingatkan gelombang baru dari varian covid-19 di masa yang akan datang, maka dari itu pemerintah wajib menjaga peralatan medis dan meningkatkan vaksinasi untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Diketahui, Indonesia sudah menyediakan tiga dosis vaksin yaitu vaksis dosis pertama, vaksin dosis kedua, vaksin booster, dan sebentar lagi akan ada vaksin booster dosis kedua. Semua masyarakat diwajibkan melakukan vaksin, karena seluruh aktivitas dan perjalanan mewajibkan pengunjung melakukan scann pedulilindungi. 

Baca Juga: Bjorka Sebut Luhut Binsar Belum Vaksin Ketiga, Pengamat Penerbangan Bilang Begini

Selaras dengan pandemi covid-19 yang sebentar lagi akan berakhir, Indonesia juga sudah berada di PPKM Level 1 di mana seluruh aktivitas offline sudah bisa dilakukan 100% seperti pernikahan, wisuda, ngemall, makan di tempat, dan lain sebagainya. Namun, kapan kebijakan PPKM akan berakhir tidak dapat dipastikan. 

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini