Manuver Politik JK: Dekat dengan Anies, Kini Endorse Airlangga Hartarto

Manuver Politik JK: Dekat dengan Anies, Kini Endorse Airlangga Hartarto Kredit Foto: Istimewa

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menyebut dukungan Jusuf Kalla (JK) kepada Ketum Golkar Airlangga Hartarto untuk maju sebagai Capres 2024 adalah hal yang positif.

Ujang mengungkapkan keduanya adalah tokoh Golkar, meski JK tidak masuk dalam kepengurusan partai berlambang Pohon Beringin itu.

“Hal yang bagus saja jika Pak JK mendukung Pak Airlangga, kenapa? Karena keduanya juga tokoh Golkar, walaupun saat ini tidak masuk kepengurusan. Artinya keduanya memang dekat. Keduanya memang tokoh Golkar. Oleh karena itu, saya melihat hal yang positif jika Pak JK itu mendukung Pak Airlangga,” tegas Ujang, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Soal Duet Airlangga-Khofifah di Pilpres 2024, Begini Tanggapan PAN

Ujang mengungkapkan proyeksi nama pendamping sebagai calon wakil presiden (Cawapres) ketika maju ke Pilpres 2024.

Dia menyebut Cawapres bisa diambil dari internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) atau dari eksternal.

“Bisa di internal KIB. Di situ ada Zulhas, kalau Mardiono sulit ya, karena tidak dikenal. Atau dari pihak eksternal KIB,” ujarnya.

Baca Juga: Anies dan Ahok Bertemu, Lebih Milih Bahas Keluarga Daripada Jakarta, Katanya...

Ujang menegaskan jika Airlangga maju sebagai Capres dari KIB, maka akan lebih baik Cawapres diambil dari eksternal.

“Jadi, kalau skemanya jika JK mendukung Airlangga dan Airlangga (menjadi) Capres di KIB, maka Cawapres diambil dari eksternal. Bagus-bagus saja Cawapres bukan diambil dari internal, karena Zulhas tidak mengatrol elektabilitas Airlangga, maka yang mengatrol adalah dari eksternal," ungkapnya.

Menurut Kang Ujang, Cawapres dari eksternal diharapkan bisa mendongrak elektabilitas Airlangga.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini