Anies Baswedan Blak-blakan Mau Nyapres, Eh Diceletukin Rocky Gerung: Seharusnya Anda Memperlihatkan Moral Anda, Ngapain Ikut Permainan...

Anies Baswedan Blak-blakan Mau Nyapres, Eh Diceletukin Rocky Gerung: Seharusnya Anda Memperlihatkan Moral Anda, Ngapain Ikut Permainan... Kredit Foto: Istimewa

Pengamat Politik Rocky Gerung angkat suara menanggapi pernyataan Anies Baswedan yang sudah memproklamirkan diri untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Rocky Gerung pernyataan Anies yang blak-blakan mengaku mau nyapres setelah purna tugas di DKI tidak tepat sebab hingga kini, eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu belum dipinang partai politik manapun, pernyataan Anies menurut Rocky membuat dirinya gampang disandera elit politik. 

Baca Juga: Tabloidnya Disebar Pas Salat Jumat, Tabiat Asli Anies Baswedan Mulai Kelihatan Lagi: Politisasi Tempat Ibadah, Lanjut Mainin Ayat dan Mayat!

“Jangan sampai dianggap seloah-olah Anies lolos, tapi kalau Anies didukung oleh partai yang anti threshold itu juga buruk dan kita akan tegur anies, bukan sekadar tegur, kita akan kritik di forum ini. Anies ngapain ikut dalam permainan yang dari awal tidak jujur, kan harusnya Anda perlihatkan secara utuh kebersihan moral Anda,” kata Rocky dalam sebuah diskusi di kanal Youtube Rocky Gerung Official dikutip Selasa (20/9/2022). 

Setelah Anies menyatakan diri bakal nyapres di 2024 isu penjegalan Anies Baswedan mulai bermunculan bahkan sampai berpolemik. Isu penghalangan Anies maju di Pemilu 2024 itu pertama kali dilontarkan Politisi Demokrat Benny K Harman. 

Bersamaan dengan itu, muncul pula spekulasi terbentuknya poros, Demokrat, NasDem, dan PKS di Pilpres 2024, dengan asumsi pasangan yang diusung adalah Anies Baswedan berpasangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Baca Juga: Dituding Macam-macam Sama PDIP Terkait Kemenangan Pemilu 2009, Demokrat Langsung Mendidih: Jangan Mengada-ada Bang Hasto!

“Anies sudah muncul dalam radar politik nasional dan tidak mungkin lagi ditutup dengan turbulensi. Kalau sudah terbaca di radar artinya dalam keadaan turbulen pun Anies akan menempuh perjalanan dari bandara ibu kota pergi ke bandara republik,” pungkas Rocky.  

Koalisi Demokrat, NasDem dan PKS Bakal Seret Finansial Buat Ongkos Kampanye

Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima Indonesia) Ray Rangkuti menyebut duet Anies Baswedan dengan ketua umum partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal sukar terwujud karena beberapa faktor. 

Adapun desas desus duet Anies Baswedan - AHY ini terjadi jika NasDem, Partai Demokrat, dan PKS membentuk poros sendiri untuk bertarung pada hajatan lima tahunan itu.  Menurut Ray jika poros ini terbentuk, maka kendala utama untuk mengusung Anies-AHY adalah masalah finansial buat ongkos kampanye.

“Akan sulit secara finansial untuk mendanai aktivitas kampanye. Ketersediaan logistik pemilu merupakan sesuatu yang mutlak,” kata Ray.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini