Bikin Bjorka Ketar-ketir, Hacker yang Bobol Situs NASA Bongkar Cara Lacak Keberadaannya: Harus Koordinasi..

Bikin Bjorka Ketar-ketir, Hacker yang Bobol Situs NASA Bongkar Cara Lacak Keberadaannya: Harus Koordinasi.. Kredit Foto: Twitter/Bjorka

Nama Bjorka sempat menjadi perbincangan hangat netizen setelah dirinya mengaku memiliki data masyarakat Indonesia hingga menyebarkan data pribadi sejumlah pejabat tanah air.

Meski begitu, pemerintah sampai saat ini belum menangkap atau mengetahui di mana keberadaan Bjorka yang mengaku tinggal di Polandia tersebut.

Baca Juga: Pak Ahok Apa Kabar? BBM Naik Kok Suaranya Gak Ada, Katanya Peduli Rakyat...

Seorang hacker muda yang berhasil membobol situs National Aeronautics and Space Administration (NASA), Putra Aji Adhari, kemudian mengungkap bagaimana cara untuk melacak keberadaan Bjorka.

Mulanya, ia mengonfirmasi bahwa data sejumlah pejabat negara yang dibocorkan Bjorka itu valid.

“Itu datanya valid. Menurut data, datanya itu kan dijual di sebuah website yang menjual data-data pribadi itu, kan,” ujarnya dikutip Populis.id dari kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo yang videonya diunggah pada Senin (19/9/2022).

Ia menduga bahwa peretasan yang dilakukan oleh Bjorka dilatarbelakangi oleh motif ekonomi.

Remaja asal Tangerang itu mengatakan, “Tapi kalo dilihat sih dia ke ekonominya sih, soalnya apa ya di komen-komen 'wah, Bjorka pahlawan'. Kalo saya sih kurang setuju sama statement itu.”

Di tengah kebingungan mencari Bjorka, beberapa pejabat sendiri sempat meminta bantuan kepada Putra untuk melacak keberadaannya.

Ia kemudian membongkar bagaimana cara melacak keberadaan Bjorka yang menurutnya memang cukup rumit.

Baca Juga: Makin Panas! Nikita Mirzani Tuding Najwa Shihab ‘Jajan’: Mereka Sering ke Luar Kota Bareng Loh..

Pasalnya, untuk mengetahui keberadaan Bjorka, remaja berusia 18 tahun itu menyebut bahwa Indonesia harus berkoordinasi dengan beberapa negara lain.

Putra mengatakan, “Buat melacak Bjorka itu harus koordinasi dengan beberapa negara kayak interpol.”

“Terus, kalo bisa yang ditangkap owner black hack-nya sih. Nah kalau udah nangkep owner-nya, kemungkinan bisa Bjorka ditangkap,” pungkasnya.

Meski tidak mengenalnya, Putra sendiri menduga Bjorka yang kini justru mendapat banyak dukungan dari publik merupakan hacker asal Indonesia.

“Iya, kemungkinan Indonesia sih,” terang Putra.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover