Tabloid Mas Anies Disebar di Masjid, Orang PKB Langsung Kutip Omongan Ulama: Kalau Ingin Menguasai Orang Bodoh, Bungkuslah Pakai Agama!

Tabloid Mas Anies Disebar di Masjid, Orang PKB Langsung Kutip Omongan  Ulama: Kalau Ingin Menguasai Orang Bodoh, Bungkuslah Pakai Agama! Kredit Foto: Taufik Idharudin

Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq mengecam keras tabloid Anies Baswedan yang disebarkan Masjid Al Amin di Kota Malang saat salat Jumat pekan lalu. Menurut Maman, pembagian tabloid berisi kisah sukses Anies Baswedan itu mencerminkan etika politik yang tak sehat. Sebab itu dilakukan di dalam rumah ibadah. 

"Saya rasa pola-pola politik yang menggunakan tempat ibadah lalu juga hanya menonjolkan satu sosok itu tidak elok," katanya kepada Populis.id pada Rabu (21/09/2022). 

Baca Juga: Pegang Banyak Rahasia, Ferdy Sambo Ngancam-ngancam Polri: Ya Sudahlah Kamu Tahan Saya, Tapi Istri Saya Jangan Coba-coba!

Pria yang akrab dengan sapaan Kiai Maman ini menilai bahwa politik praktis seharusnya tidak menggunakan tempat ibadah untuk menaikkan elektabilitas orang tertentu. Di samping itu, tak perlu juga menggunakan media cetak secara massif untuk menyerang atau menonjolkan orang tertentu.  

"Kalau kita mau demokrasi ini hidup, maka poin pertama kita adalah, jangan menggunakan tempat tempat keagamaan untuk politik. Kecuali politik moral, anjuran untuk tidak bertengkar, bermusuhan dan sebagainya. Itu justru sangat dibolehkan," tuturnya.

"Kedua tidak perlu ada tabloid yang dicetak dengan harga yang mahal, itukan gila banget, musim online kok masih pakai cetak yang isinya menggolkan satu sosok," sambung Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Ia menegaskan bahwa yang di republik ini yang berprestasi bukan hanya Anies Baswedan. Banyak tokoh-tokoh yang juga mempunyai prestasi tapi mungkin belum banyak diketahui. Maka, kata dia, tidak perlu menyebarkan tabloid seperti yang di Malang itu.

Kiai Maman menyebutkan jika peristiwa penyebaran tabloid Anies di Malang termasuk politisasi agama. Saya, kata dia, dari awal mengatakan bahwa demokrasi kita tidak akan beranjak lebih baik kalau ada orang yang mencoba mempengaruhi orang awam dengan bungkus agama.

"Itu diingatkan banget oleh Ibnu Rusyd. Beliau mengatakan, kalau kita ingin menguasai orang bodoh maka gunakan dengan bungkus agama. Itu kelihatan tuh, orang awam akan terpengaruh dan itu tidak sehat," pungkasnya. 

Baca Juga: Nggak Dipenjara! Ustadz Ini Beberkan Keberadaan Ferdy Sambo: Dia Nginap di Hotel Aston, Bukan di Mako Brimob, Ini Semua Sandiwara!

Masyarakat Kota Malang dibuat geger dengan kemunculan sebuah tabloid yang secara khusus mengulas kisah-kisah sukses Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tabloid itu dibagi-bagikan kepada jamaah di Masjid Al Amin di Kota Malang.

Dari sejumlah foto beredar, tabloid itu diketahui bernama KBAnewspaper. Di halaman muka mereka memasang foto close up Anies Baswedan yang tampak sedang tersenyum sumringah sembari memegang alat tulis.  

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini