Begini Nasib Berkas Pemecatan Ferdy Sambo, Bakal Sampai ke Istana?

Begini Nasib Berkas Pemecatan Ferdy Sambo, Bakal Sampai ke Istana? Kredit Foto: Istimewa

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan bahwa Polri masih memproses berkas administrasi pemecatan Ferdy Sambo ke Istana. Setelah permohonan bandingnya ditolak Majelis KKEP, institusi penegak hukum itu tengah merampungkan berkas pemecatan melalui Biro SDM Polri.

Dedi Prasetyo mengatakan nantinya bila berkas itu telah rampung bakal diserahkan ke Sekretariat Negara (Setneg) RI.

"Untuk administrasinya untuk pengusulan (ke Setneg RI, red)," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Pusat, Rabu (21/9).

Baca Juga: Resmi Dipecat, Ferdy Sambo Gak Pasrah! Lihat Nih, Dia Bakal Lawan dengan Cara Ini

Jenderal bintang dua itu mengatakan Setneg RI nantinya akan meneruskan putusan Polri itu kepada Presiden Jokowi.

Kepala Negara kemudian menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres). "Habis dari SDM nanti ditujukan ke Setneg. Setneg langsung dapat Keppresnya dan keputusannya kami serahkan ke pelanggarnya (Ferdy Sambo)," ujar Dedi Prasetyo.

Baca Juga: Kamaruddin: Gak Selesai-selesai Kasus Ini Sudah 3 Bulan! Ayah Brigadir J Sudah Lelah, Apalagi Fitnah yang Berkembang...

Sebelumnya, Majelis KKEP menolak permohonan banding yang diajukan Ferdy Sambo atas putusan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dari Korps Bhayangkara.

Putusan itu dibacakan majelis KKEP di ruang sidang Gedung TNCC, Mabes Polri, Senin (19/9).

"Memutuskan permohonan banding dari Saudara Ferdy Sambo, menolak permohonan banding pemohon," kata kata ketua sidang banding Komjen Agung Budi Maryoto.

Baca Juga: Putri Candrawati Pengen Dia Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo, Pas Hotman Paris Bilang ke Istrinya Eh... Ngambek

Pria yang menjabat Irwasum Polri itu mengatakan majelis KKEP juga tetap menguatkan putusan sidang etik pada 26 Agustus 2022 lalu.

"Menguatkan putusan sidang Kode Etik Polri tertanggal 26 Agustus 2022 atas nama pelanggar Irjen Ferdy Sambo," ujar Agung.

Baca Juga: Singgung Gaya Hidup Hedon Polisi, Desmond Bela Najwa: Itu Realita ya... Bukan Tuduhan

Ferdy Sambo merupakan tersangka perintangan atau obstruction of justice penyidikan kasus kematian Brigadir J. Dia juga berstatus tersangka dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Ferdy Sambo diduga sebagai dalang pembunuhan terhadap Brigadir J di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7).

Adapun Ferdy Sambo diduga memerintahkan Bhayangkara Dua Richard Eliezer alias Bharada E menembak Brigadir J.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini