Serahkan Soal Pencapresan ke Majelis Syuro, PKS DKI Blak-blakan Cuma Ngawal Anies Baswedan Sampai Selesai Jadi Gubenur

Serahkan Soal Pencapresan ke Majelis Syuro, PKS DKI Blak-blakan Cuma Ngawal Anies Baswedan Sampai Selesai Jadi Gubenur Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Achmad Yani belum bisa memastikan apakah partainya akan mengusung Gubenur DKI Anies Baswedan di Pilpres 2024 karena belum ada keputusan mutlak yang dikeluarkan oleh Majelis Syuro.

"Mengenai masalah pencalonan presiden di PKS itu kewenangannya ada di Majelis Syuro. Jadi dari Majelis Syuro yang kita tahu memang belum menetapkan siapa calon presidennya," kata Achmad kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Tak Diundang di Acara Kumpul Ormas Bareng Anies, PA 212 Merespons, Omongan Slamet Maarif, Nggak Disangka-sangka

Sebagai partai pengusung Anies di Pilgub DKI 2017, Achmad mengatakan bahwa PKS hanya bertanggung jawab untuk memberi pengawalan sampai jabatan Gubenurnya selesai. Setelahnya, mendukung atau tidak, hal itu nantinya akan diputuskan oleh pimpinan pusat.

"Artinya sampai saat ini, kita kan sebagai pengusung Pak Anies ya kita ingin mengantarkan Pak Anies sampai selesai dia masa tugasnya di DKI. Adapun selanjutnya kita serahkan pada pimpinan tingkat pusat," tukasnya.

Baca Juga: Tabloid Mas Anies Disebar di Masjid, Orang PKB Langsung Kutip Omongan Ulama: Kalau Ingin Menguasai Orang Bodoh, Bungkuslah Pakai Agama!

Soal pencapresan ini, Achmad sendiri belum tahu apakah PKS DKI nantinya akan mengusulkan nama Anies Baswedan ke pengurus pusat. Sebab, PKS DKI dinilai hanya akan mendorong nama-nama yang memang punya banyak dukungan dari masyarakat. 

"Kalau kami memandang ya pertama ya tentang suara dari masyarakat, dukungan dari masyarakat. Ya sifatnya adalah kami menyampaikan bagaimana keinginan dari masyarakat, dari calon-calon presiden yang ada," jelasnya.

Baca Juga: Geger Kabar Anies Mau Dijegal, Prabowo Juga... Terus yang Maju Kalian-Kalian Aja Gitu?

Sebelumnya, Gubenur DKI Anies Baswedan telah menyatakan kesiapannya menjadi calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang. Hanya saja sampai detik ini belum ada partai politik yang telah menyatakan siap untuk meminangnya. 

Belakangan, Anies sudah terlihat akrab dengan sejumlah petinggi parpol, seperti dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti (AHY), Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, serta Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini