Dewan Kolonel Disebut Hanya Guyonan, DPP PDIP Tidak Merestui Keberadaannya?

Dewan Kolonel Disebut Hanya Guyonan, DPP PDIP Tidak Merestui Keberadaannya? Kredit Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dewan Kolonel yang belakangan muncul untuk menyokong Puan Maharani maju di Pilpres 2024 menjadi polemik di kalangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Diketahui, Dewan Kolonel ini berisikan sejumlah anggota DPR Fraksi PDIP, yang diketuai oleh Trimedya Panjaitan dan diinisiasi Johan Budi.

Keberadaan Dewan Kolonel ini disebut tidak diketahui oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai banteng moncong putih tersebut. Sehingga menimbulkan kekagetan di DPP PDIP.

Baca Juga: Gak Mau Kalah dengan Dewan Kolonel, Sukarelawan Ganjar Bentuk Dewan Kopral

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengaku kaget ketika mengetahui sejumlah anggota fraksinya di DPR membentuk Dewan Kolonel.

Dia menilai Dewan Kolonel itu hanya guyonan belaka. "Guyon aja mereka-mereka itu, saya juga kaget seperti itu," kata Djarot kepada wartawan di kantor KPU, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Menurut Djarot, kehadiran Dewan Kolonel sebagai forum komunikasi untuk meningkatkan citra Puan adalah sesuatu yang sah-sah saja.

"Tapi istilah seperti itu saya baru tahu, dan saya kira itu guyon-guyon di antara mereka saja," ungkap eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Tidak Sesuai AD/ART Partai, Sekjen PDIP Ungkap Tidak Ada Dewan Kolonel!

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristyanto menegaskan bahwa tidak ada Dewan Kolonel. Karena menurutnya tidak sesuai dengan AD/ART partai.

"Ya karena tidak ada (Dewan Kolonel), gimana mau dibelokkan, mau diluruskan, jadi sikap partai sangat jelas," kata Hasto ditemui di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (21/9).

“Mana ada di dalam partai struktur seperti militer. Di partai, kan, yang dikenal dewan pimpinan pusat partai, dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang, hingga anak ranting,” sambungnya.

Baca Juga: Beredar Dewan Kolonel PDIP, Sontak Megawati Langsung Kaget, Kemudian...

Dewan Kolonel merupakan sebuah forum komunikasi anggota DPR Fraksi PDIP. Tugas anggotanya adalah mempromosikan Ketua DPR Puan Maharani di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Tujuan akhirnya adalah menjadikan Puan sebagai calon presiden dari PDIP.

Pembentukan Dewan Kolonel ini diusulkan oleh anggota DPR Fraksi PDIP Johan Budi. "Pokoknya Dewan Kolonel ini adalah satu-satunya dengan tujuan mendukung Mbak Puan di 2024,” kata Johan.

“Tapi sekali lagi, tentu kami masih menunggu keputusan Bu Megawati siapa yang akan ditunjuk, kalau yang ditunjuk bukan Mbak Puan tentu kami akan tegak lurus kepada Bu Ketum Mengawati," imbuhnya.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini