Tito Karnavian Soal Kasus Korupsi Lukas Enembe: Itu Sama Sekali Tidak Ada Hubungannya dengan Kemendagri!

Tito Karnavian Soal Kasus Korupsi Lukas Enembe:  Itu Sama Sekali Tidak Ada Hubungannya dengan Kemendagri! Kredit Foto: GenPI

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menanggapi pernyataan tim pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe Aloysius Renwarin yang menyebut penangkapan Politisi Demokrat itu dipolitisasi. Tito menegaskan bahwa dirinya tak ada sangkut pautnya dengan penangkapan Lukas Enembe.

"Kasus Pak Lukas Enembe sama sekali tidak ada hubungannya dengan Kemendagri. Saya sampaikan, itu murni. Kemarin press release jelas disampaikan Menko Polhukam, KPK, dan PPATK," katanya di Komplek Parlemen pada Rabu (21/09/2022).

Baca Juga: Astaganaga! Putri Candrawathi Menghayal Digituin Brigadir J: Dia Pengen Sama Pemuda Ganteng, Lagi Puber Ketiga

Ia menyebutkan bahwa dirinya sebenarnya bersahabat baik dengan Lukas. Akan tetapi kalau masalah hukum Tito tak bisa ikut campur dan kasus ini bermula dari temuan sistem perbankan.

"Sistem perbankan itu kami sudah cek juga ke PPATK, yaitu adanya di dalam rekening yang bersangkutan adanya uang yang tidak sesuai dengan profil dan ini tentu akan mengalert sistem perbankan. Dilaporkan pasti ke PPATK. Dan PPATK melakukan pendalaman," ujarnya.

Mantan Kapolri ini memaparkan bahwa dengan pendalaman yang dilakukan oleh tim PPATK, maka mereka segera menyerahkan hasilnya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketika melihat ada dugaan tindak pidana di situ, lanjut Tito, kemudian berproses.

"Nah kalau seandainya itu dianggap saya katakan kepada contact personnya beliau, saya kenal lah. Kalau seandainya itu adalah ada peran Kemendagri, peran Kemendagrinya dimana?," tuturnya.

Ia juga menekankan bahwa KPK itu mengecek punya mekanisme tersendiri. Bukan seperti di Polri, Kejaksaan, TNI yang satu komando. Disitu ada lima pimpinan, kolektif kolegial dan mereka memiliki mekanisme yang standart operating prosedure nya sangat ketat. 

Baca Juga: Namanya Ikut Terseret Kasus Gubernur Papua Lukas Enembe, Mendagri Tito: Sahabat Saya Lama, Tapi Kan Kalau...

"Salah salah pimpinan, pimpinan sendiri melanggar pun bisa kena. Dan kami pun dari awal tahun lalu ada dirjen kami yang kena masalah, ya kami juga ngga bisa berbuat apa apa, mengikuti proses hukum dirjen keuangan daerah. Kalau dia dipolitisasi partai tertentu orang tertentu, nggak juga," terangnya

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini