Tabloid Anies Baswedan Dibagikan ke Jamaah Salat Jumat, Ada yang Nyeletuk: Ini Kampanye Terselubung!

Tabloid Anies Baswedan Dibagikan ke Jamaah Salat Jumat, Ada yang Nyeletuk: Ini Kampanye Terselubung! Kredit Foto: Al Musthafa Gustar's

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menilai pembagian tabloid berisi kisah sukses Anies Baswedan yang disebar  Masjid Al Amin, di Malang, Jawa Timur saat salat Jumat pekan lalu sudah bisa dikategorikan kampanye terselubung menuju Pilpres 2024 mendatang.

"Secara konvensional yang terjadi di masjid ini, kalau dibilang kampanye terselubung saya kira memang secara kontekstual ya bisa dikatakan seperti itu," kata Adib saat dikonfirmasi Populis.id, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Bukti Anies Baswedan Munafik: Dulu Ngotot Tolak Reklamasi, Sekarang Pulau G Malah Dipakai Buat Permukiman, Sudah Ada Deal-dealan?

Apalagi tabloid yang bertajuk 'Mengapa Harus Anies?' itu hampir seluruhnya membahas soal kinerja dan kesuksesan Anies Baswedan selama lima tahun memimpin Jakarta. Sehingga isi dari tabloid tersebut sangat kental dengan nuansa politis untuk mengunggulkan salah satu sosok.

"Karena kan isi dari tabloid itu penggiringan daripada sosok figur tertentu yang memang potensial bisa maju di Pilpres. Aroma-aroma pemilu itu, aroma-aroma politiknya kan kuat," tuturnya.

Lebih lanjut, peristiwa penyebaran tabloid ini terjadi di tahun-tahun politik, saat Anies sedang kencang-kencangnya disebut dalam bursa pencapresan. Peristiwa ini juga terjadi tak berselang lama pasca Anies menyatakan diri soal kesiapannya untuk melangkah ke Pilpres.

Adib menilai penyebaran tabloid yang bernada kampanye di masjid ini bisa terjadi karena minimnya penindakan dan aturan. Apalagi nuansa pemilu belakangan ini sudah semakin menguat, bahkan banyak pihak yang sudah saling gontok-gontokkan untuk membela jagoannya.

"Di media sosial terutama. Kayak sudah seperti sebentar lagi pemilu, orang saling gontok-gontokkan dengan narasi dengan diksi, bagaimana mengusung jagoan ini itu segala macam," pungkasnya.

Sekedar informasi, tabloid Anies yang tersebar di sebuah Masjid di Kota Malang itu mulai ramai diperbincangkan usai akun twitter @AkuAtikaFaya mengunggahnya pada Minggu, 18 September 2022. 

Baca Juga: Cuma Intelijen yang Bisa Baca Ini! Mantan Anak Buah Ternyata Masih Solid Dukung Sambo, Ketahuan Saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Secara detail, tabloid yang beredar itu merupakan terbitan dari KBA newspaper yang berisi 12 halaman dengan edisi cetak 28 Febuari 2022. Sejumlah judul artikel yang tertera di dalamnya diantaranya; 'Antara ARB dan ABW, Anies Sajalah', 'Deret Penghargaan di Rak Pemprov DKI Jakarta', 'Membawa Anies Sampai Pelosok Negeri', dan sejumlah artikel lainnnya.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini