Sebut Pemilu 2024 Bakal Dicurangi, SBY Malah Dinyinyirin Mantan Anak Buah di Demokrat Dulu, Diketawain Sambil Ucap Kalimat Nyelekit...

Sebut Pemilu 2024 Bakal Dicurangi, SBY Malah Dinyinyirin Mantan Anak Buah di Demokrat Dulu, Diketawain Sambil Ucap Kalimat Nyelekit... Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Politikus PDI Perjuangan Ruhut Sitompul memberikan sindiran pedas kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia mengunggah kembali video lawas SBY yang sebut Pemilu curang dulunya juga sering curang. Hal ini terlihat dari akun Twitter pribadi Ruhut.

Baca Juga: Dugaan Pemilu 2024 Curang Dari SBY, KPU Beri Jawaban Santai, Ini Penjelasannya!

Saat SBY berbicara dalam video itu, Ruhut membuat tulisan dengan nada sindiran 'maling teriak maling'. Sementara itu arti dari maling teriak maling adalah seseorang yg melakukan perbuatan jahat yang masih disembunyikan dan menuduh orang lain yang melakukannya.

"Ha ha ha seru ka’le dikampungKu itu dikatakan, Maling teriak Maling, ih malu nie ye MERDEKA," tulis mantan kader Partai Demokrat itu dari Twitter @ruhutsitompul yang dikutip populis.id pada Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Ketemu Rocky Gerung, Luhut: Waktu Anda Sebut Presiden Dungu Gak Masalah, Terus Terang Itu...

Sementara itu, video SBY yang bicara Pemilu curang tersebut diunggah pertama kali oleh Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli. Ia teringat akan perkataan SBY ketika masih menjabat sebagai Presiden RI tentang Pemilu yang curang.

"Kata Pak SBY 'saya turun gunung karena ada tanda-tanda Pemilu 2024 bisa tidak jujur dan tidak adil'. Saya jadi teringat kata-kata Pak SBY dulu 'jangan-jangan orang yang sering menuduh Pemilu curang dulunya sering curang'," ujar Guntur Romli.

Baca Juga: Meski Dipecat, Pengaruhnya di Polri Masih Kuat! ferdy Sambo Punya Kartu Truf, yang Macam-macam Bakal Dibongkar...

Diketahui, video itu melihatkan SBY tengah diwawancari seorang wartawan perempuan di sebuah ruangan dengan duduk berhadap-hadapan.

Wartawan perempuan itu bertanya soal pihak yang menuduh pemungutan suara 2014 akan curang dan pemerintah di masa SBY tak netral.

"Saya juga mendengar dan kalau saya perhatikan politisi yang mudah sekali menuduh Pemilu curang ya itu itu saja orangnya. Jangan-jangan orang yang mudah sekali menuduh pemilu curang pemerintah curang itu dulu juga sering curang, dikira orang lain melakukan hal sama" kata SBY.

Baca Juga: Kamaruddin: Gak Selesai-selesai Kasus Ini Sudah 3 Bulan! Ayah Brigadir J Sudah Lelah, Apalagi Fitnah yang Berkembang...

Disisi lain, SBY yang menyebut adanya dugaan kecurangan Pemilu 2024 membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) buka suara.

"Jika ada pandangan atau dugaan politik yang mengarah pada yang pesimis, saya memandang ini sebagai bagian dari early warning system agar kita semua sebagai anak bangsa berpartisipasi aktif memastikan Pemilu Serentak 2024 dapat terselenggara sesuai asas Luber Jurdil," kata Komisioner KPU Idham Holik dilansir dari republika pada Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Sempat Terima Tawaran dari Ferdy Sambo, Hotman Paris Ngaku Gak Bisa Tidur 3 Hari! Pas Bilang ke Istri Auto Diamuk

Disisi lain, Idham tetap mengajak semua pihak untuk optimistis bahwa penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 akan berlangsung baik. Kalaupun dalam prosesnya ditemukan dugaan kecurangan, kata dia, sebenarnya sudah terdapat kanal pengaduan di Bawaslu.

"Nanti jika terjadinya dugaan adanya pelanggaran pemilu oleh pelaksana, peserta, dan tim kampanye, Bawaslu akan memproses penindakannya," ujarnya.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini