Tabloid Berisi Kesuksesan Anies Tersebar di Masjid Malang, Pengamat Malah Flashback Soal Politik Identitas di Pilgub DKI 2017, Lho Kok?

Tabloid Berisi Kesuksesan Anies Tersebar di Masjid Malang, Pengamat Malah Flashback Soal Politik Identitas di Pilgub DKI 2017, Lho Kok? Kredit Foto: Al Musthafa Gustar's

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul mendorong pemerintah dan sejumlah pihak terkait untuk membuat aturan yang jelas guna menindak berbagai bentuk kampanye yang mengarah pada politik indentitas.

Adib mengatakan, bahwa penyebaran tabloid yang berisi kisah sukses Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada jamaah Masjid Al Amin, di Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu itu terjadi karena minimnya penindakan saat politik identitas gencar dilakukan saat Pilgub DKI 2017.

"Kalau kita flashback lagi contohnya di Pilkada DKI banyak juga khutbah, syiar di tempat-tempat agama itu dibuat materi kampanye sebenarnya, cuma kan tidak ada penindakan yang tegas," kata Adib saat dikonfirmasi Populis.id, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Pernyataan SBY dan AHY Kerap Bikin Gaduh, Ruhut Sitompul: Sudahlah Duduk Baik-baik di Boncengan, Gak Usah Ribut-ribut

Saat itu, kata Adib, banyak para pemuka agama yang justru secara terselubung memanfaatkan tempat ibadah sebagai lokasi untuk berkampanye dan mengarahkan massa untuk memilih salah satu calon tertentu.

"Banyak pemuka agama menjadikan tempat-tempat ibadah itu menggiring pada calon-calon tertentu, itu kan karena tidak ada tindakan yang tegas kepada yang berkepentingan disitu," tukasnya.

Baca Juga: Tabloid Anies Baswedan Dibagikan ke Jamaah Salat Jumat, Ada yang Nyeletuk: Ini Kampanye Terselubung!

Pengamat politik ini meyakini, peristiwa serupa masih akan terus terjadi sampai Pemilu mendatang jika tidak ada tindakan yang tegas, dan kemauan dari para politisi untuk bersaing dengan cara yang lebih elegan.

"Ini pasti bakal terjadi lagi dan ditambah juga dengan aktor politiknya tidak mau bermain secara elegan," katanya.

Baca Juga: Nuduh Pilpres 2024 Curang, Ruhut Sitompul: Gak Usahlah Bikin Tuduhan Gak Baik, Pak SBY Memercik Air di Dulang, Terpercik Muka Sendiri...

Sekedar informasi, tabloid Anies yang tersebar di sebuah Masjid di Kota Malang itu mulai ramai diperbincangkan usai akun twitter @AkuAtikaFaya mengunggahnya pada Minggu, 18 September 2022. 

Secara detail, tabloid yang beredar itu merupakan terbitan dari KBA newspaper yang berisi 12 halaman dengan edisi cetak 28 Febuari 2022. Sejumlah judul artikel yang tertera di dalamnya diantaranya; 'Antara ARB dan ABW, Anies Sajalah', 'Deret Penghargaan di Rak Pemprov DKI Jakarta', 'Membawa Anies Sampai Pelosok Negeri', dan sejumlah artikel lainnnya.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini