Beda Kubu di Pilgub DKI, Kini NasDem Lebih Condong Dukung Anies di Pilpres 2024 Karena Pendam Kekecewaan ke Jokowi, Kenapa?

Beda Kubu di Pilgub DKI, Kini NasDem Lebih Condong Dukung Anies di Pilpres 2024 Karena Pendam Kekecewaan ke Jokowi, Kenapa? Kredit Foto: Tangkapan Layar/NasDemTV

Pengamat politik dari Citra Institute, Efriza menyebut ada faktor kekecewaan dibalik dukungan Partai NasDem terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. NasDem disebut kecewa dengan Presiden Joko Widodo karena lebih dekat dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Padahal, NasDem merupakan partai pertama yang mengusulkan Jokowi sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 lalu. Apalagi menteri-menteri dari Partai NasDem selalu digembar-gemborkan untuk direshuflle.

"Dia juga kecewa, kecewanya udah lama, dia pendukung loyalnya Jokowi, tapi Jokowi-nya malah dekat dengan Gerindra dan Prabowo," kata Efriza kepada Populis.id, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Pernyataan SBY dan AHY Kerap Bikin Gaduh, Ruhut Sitompul: Sudahlah Duduk Baik-baik di Boncengan, Gak Usah Ribut-ribut

Selain itu, partai yang dikomandoi Surya Paloh itu lebih mendekati Anies jelang Pilpres 2024 ini atas dasar kepentingan elektoral partai. Anies dinilai punya elektabilitas cukup baik yang akan berdampak positif terhadap partai. Tak perduli walaupun dalam Pilgub DKI 2017 kemarin NasDem sempat bersebrangan dengan Anies.

"Karena kebutuhan untuk menaikkan elektoralnya NasDem. Walaupun dulu NasDem tidak suka sama Anies karena main isu identitas kan, tidak sesuai dengan mereka. Tapi saat ini elektabilitasnya Anies besar," ujarnya.

Baca Juga: Tabloid Berisi Kesuksesan Anies Tersebar di Masjid Malang, Pengamat Malah Flashback Soal Politik Identitas di Pilgub DKI 2017, Lho Kok?

Efriza meyakini bahwa pada akhirnya NasDem akan berkoalisi dengan Partai Demokrat untuk bisa memasangkan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2024.

"Dari sini keliatan NasDem sudah menjadi inisiator, dan NasDem sudah mengambil peran. Dan ini kemungkinan besar akan terwujud Anies-AHY. Tidak akan terwujud jika ada sesuatu yang terjadi, misalnya tsunami politik di Anies," ungkapnya.

Baca Juga: Nuduh Pilpres 2024 Curang, Ruhut Sitompul: Gak Usahlah Bikin Tuduhan Gak Baik, Pak SBY Memercik Air di Dulang, Terpercik Muka Sendiri...

Saat ini, Anies Baswedan menjadi calon terkuat yang akan diusung Partai NasDem ketimbang dua nama lain yang muncul dalam hasil Rakernas NasDem, seperti Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa. NasDem juga tengah menggodok koalisi bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini