Masih Diproses Berkas Penyidikan Ferdy Sambo Cs, Kejagung: Mudah-mudahan Gak Ada Pengembalian lagi...

Masih Diproses Berkas Penyidikan Ferdy Sambo Cs, Kejagung: Mudah-mudahan Gak Ada Pengembalian lagi... Kredit Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha

Berkas penyidikan tersangka Ferdy Sambo masih diteliti oleh Kejaksaan Agung, begitu juga berkas empat tersangka lain dalam kasus pembunuhan berencana Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Perkara FS (Ferdy Sambo) sampai saat ini masih proses penelitian berkas perkara. Mudah-mudahan kedepannya tidak ada pengembalian lagi, mudah-mudahan ya," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI, Ketut Sumedana kepda wartawan Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Dewan Kolonel Disebut Inisiatif Oleh Puan Maharani, Eh.. Buat Ibu PDIP Kaget: Tak Ada itu...

Mengingat kembali, lima tersangka dalam pembunuhan berencana itu yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada E alias Richard Eliezer, Brigadir RR alias Ricky Rizal, dan KM alias Kuat Maruf.

Empat tersangka lainnya dijerat dengan Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana Subsider Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara atau pidana mati.

Sementara Bharada E dijerat dengan Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan Juncto Pasal 55 KUHP dan 56 KUHP. Ancaman hukuman penjara Elizer lebih ringan yakni 15 tahun penjara.

Baca Juga: Didesak Selidiki Penggunaan Jet Pribadi Brigjen Hendra Saat Temui Keluarga Brigadir J, Polri Bilang Tak Perlu Melebar...

Dalam proses sidang nantinya, korps adhyaksa akan menyiapkan setidaknya 30 Jaksa Penuntut Umum atau JPU untuk menangani perkara ini.

"Untuk perkara 338 dan 340 tim penuntutnya ada 30. Tentu ada koordinator dan sebagainya," katanya.

Baca Juga: Ketemu Rocky Gerung, Luhut: Waktu Anda Sebut Presiden Dungu Gak Masalah, Terus Terang Itu...

Namun, disisi lain, dari kasus pembunuhan Brigadir J, Aktivis Irma Hutabarat menilai masih ada yang janggal dengan polri sampai tak menahan tersangka pembunuhan Brigadir J yakni Putri Candrawathi. 

Menurutnya, Ferdy Sambo bisa mengancam oknum-oknum pejabat polri atau bakal mengungkap sejumlah rahasia bila berani penjarakan istrinya.

“Risikonya mungkin kesepakatan dilanggar. Sambo akan bernyanyi lagu yang tidak merdu. Sebagai Kadiv Propam dan Kepala Satgasus Merah Putih dia punya banyak daftar siapa saja, melakukan apa, menerima apa, yang menurut saya merupakan truf, kartu truf (sejenis kartu permainan) bagi dia,” kata Irma dari Instagram @lambegosiip yang dikutip pada Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Sebut Pemilu 2024 Bakal Dicurangi, SBY Malah Dinyinyirin Mantan Anak Buah di Demokrat Dulu, Diketawain Sambil Ucap Kalimat Nyelekit...

Ia menilai, Ferdy Sambo masih memiliki pengaruh besar di Polri meski dirinya sudah dipecat. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini