Ngerti Harapan Kuasa Hukum Brigadir J, Komisi III DPR Bongkar Kelanjutan Kasus Hukum Ferdy Sambo, Ternyata...

Ngerti Harapan Kuasa Hukum Brigadir J, Komisi III DPR Bongkar Kelanjutan Kasus Hukum Ferdy Sambo, Ternyata... Kredit Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha

Anggota Komisi III DPR RI, Didik Mukrianto, mengatakan, dirinya memahami keinginan Kamaruddin Simanjuntak agar kasus yang menyebabkan tewasnya Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J segera disidangkan.

“Saya bisa mengerti dan memahami harapan dari Pak Kamarudin. Namun perlu juga dipahami bahwa menangani kasus ini harus prudent, teliti dan juga terukur,” ungkapnya, Rabu (21/9/2022).

Dia menuturkan, prinsip utama dalam penegakan hukum adalah independensi, transparansi dan akuntabilitas. Penegakan hukum tidak boleh tebang pilih dan pandang bulu, harus Imparsial dalam penegakan hukum juga penting agar keadilan terwujud.

Menurutnya, ketiadaan imparsial bisa berpotensi penegakan hukum didasarkan kepada status. Salah-tidaknya sesuatu bukan pada “perbuatan”, tetapi pada “orang”. Jadi sebelum menegakkan hukum, dilihat dulu “siapa orangnya”, baru setelah itu menentukan kriteria salah atau tidaknya. 

Kalau ternyata orang itu mempunyai kuasa dan status tertentu, maka aparat tidak langsung menerapkan kriteria benar-salahnya. Tetapi, begitu hukum dihadapkan kepada orang yang lemah, maka aparat langsung menerapkan kriterium benar-salah. 

Baca Juga: Ferdy Sambo Bagaikan Kapal Titanic, Rocky Gerung Ngomong Lantang: Orang Was-was Kalau Dia Masuk Pengadilan, Dia Belum Mengeluarkan Kartu...

“Jika itu terjadi, maka penegakan hukum kita bisa dikatakan sedang tidak baik-baik saja,” ungkapnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini