Singgung Soal Jadi Presiden di RI, Luhut: Tahu Diri Lah, Kalau Kau Bukan Orang Jawa... Gak Usah Maksain Diri, Sakit Hati

Singgung Soal Jadi Presiden di RI, Luhut: Tahu Diri Lah, Kalau Kau Bukan Orang Jawa... Gak Usah Maksain Diri, Sakit Hati Kredit Foto: Taufik Idharudin

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membahas perihal kemungkinan tokoh dari luar Jawa terpilih sebagai Presiden RI. Ia menyebut kalau orang-orang dari luar Jawa harus sadar diri untuk maju sebagai presiden.

"Apa harus jadi presiden aja kau bisa mengabdi? Harus tahu diri juga lah, kalau kau bukan orang Jawa. Ini bicara antropologi. Kalau Anda bukan orang Jawa dan pemilihan langsung (terjadi) hari ini, saya enggak tahu 25 tahun lagi, udah lupain deh. Enggak usah kita memaksakan diri kita, sakit hati," kata Luhut saat bersama pengamat politik Rocky Gerung di akun youtube RGTV Channel yang dikutip pada Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Ketemu Rocky Gerung, Luhut: Waktu Anda Sebut Presiden Dungu Gak Masalah, Terus Terang Itu...

Dalam video itu, Luhut dengan Rocky membahas berbagai isu, salah satunya kondisi politik Indonesia menjelang Pemilu 2024. Mereka juga membahas politisi yang berambisi jadi presiden.

Rocky pun menilai keadaan tersebut menjadi aspek yang membatalkan ambisi orang di luar Jawa menjadi presiden.

"Antropologi kita basisnya adalah ethnicity, dan faktualitas itu yang kadangkala membatalkan ambisi orang menjadi presiden," kata Rocky.

Baca Juga: Jika Ferdy Sambo Tak terima Dipecat, Kepolisian Bakal Lawan Balik, Siap-siap!

Luhut pun langsung memberikan sahutan dengan mengatakan kalau dirinya termasuk orang yang nyaris tak mungkin jadi Presiden.

"Ya termasuk saya. Saya double minoritas. Sudah Batak, Kristen lagi. Jadi saya bilang sudah cukup itu, kita harus tahu," timpal Luhut.

Baca Juga: Didesak Selidiki Penggunaan Jet Pribadi Brigjen Hendra Saat Temui Keluarga Brigadir J, Polri Bilang Tak Perlu Melebar...

Sebelumnya, Luhut mengungkit pernyataan Rocky yang pernah menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan kata 'dungu'.

"Masyarakat mau kritik saya silahkan, kritik presiden juga silahkan. Waktu anda (Rocky Gerung) sebut presiden dungu juga nggak masalah," kata Luhut yang dikutip Populis.id pada Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Dugaan Pemilu 2024 Curang Dari SBY, KPU Beri Jawaban Santai, Ini Penjelasannya!

Kata Luhut sebutan dungu yang dilontarkan Rocky Gerung kepada Presiden Jokowi menyakitkan. 

"Terus terang itu menyakitkan, tapi ya sudah," katanya.

Baca Juga: Sebut Pemilu 2024 Bakal Dicurangi, SBY Malah Dinyinyirin Mantan Anak Buah di Demokrat Dulu, Diketawain Sambil Ucap Kalimat Nyelekit...

Akan tetapi, perbedaan pendapat itu menurut Luhut sangatlah wajar asal disampaikan secara santun dan tak dikekang oleh siapa pun juga.

"Perbedaan pendapat itu wajar, di keluarga juga ada, kan? Asal penyampaiannya lebih santun. Ada yang bilang kebebasan berpendapat dikekang, kata siapa?" ujarnya.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini