Dibongkar Terang Benderang! Puluhan Ormas yang Diundang Mas Anies ke Rumah Dinas Gubernur Ternyata Berkaitan dengan Pilpres 2024!

Dibongkar Terang Benderang! Puluhan Ormas yang Diundang Mas Anies ke Rumah Dinas Gubernur Ternyata Berkaitan dengan Pilpres 2024! Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Pengamat Politik dari Citra Institute, Efriza menilai silaturahmi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan puluhan pimpinan ormas di rumah dinas Gubernur di kawasan Menteng, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu itu sarat akan muatan politis.

Efriza mengatakan, dukungan sejumlah ormas di DKI bisa membantu Anies untuk merealisasikan ambisinya menjadi capres pada  Pemilu 2024 mendatang. Ormas dinilai bisa mempermudah upaya Anies untuk mendapat pinangan partai.

Baca Juga: Hati-hati! Kebanyakan Dengar Omongan Mas Anies Bisa Kena Diabetes, Soalnya Manis Banget: Cie…yang Mau Nyapres

"Pengaruhnya besar dan penting. Ormas penting bagi Anies yang calon independen, bukan anggota partai. Ia ingin Ormas ini yang akan mewacanakan Anies pantas sebagai capres. Sehingga ia bisa dipinang oleh partai politik," kata Efriza saat dikonfirmasi Populis.id Jumat (23/9/2022).

Efriza membandingkan, bahwa dukungan ormas ini ternyata lebih baik ketimbang dukungan yang datang dari tim relawan. Ormas disebut punya relasi lebih melekat dengan rakyat sehingga memiliki pengaruh yang lebih kuat.

"Memang lebih konkrit dalam kedekatan dengan masyarakat, karena sifat organisasinya yang panjang, tak seperti relawan bersifat ad hoc," tuturnya.

Disisi lain, dukungan dari ormas juga dinilai tidak memakan biaya terlalu banyak, beda halnya dengan dukungan dari relawan yang kerap memakan biaya untuk menggelar berbagai macam kegiatan dengan nuansa kampanye.

"Pilihan Ormas lebih baik daripada relawan, sebab jika gerakan relawan berbiaya banyak dan akan membuat sebal kalangan partai-partai, dianggap terlalu dini, jika gagal nyapres memalukan," tuntasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar acara silahturahmi bersama puluhan ormas yang ada di DKI Jakarta. Acara itu digelar di rumah dinas Gubernur yang berada di bilangan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Jangan Kaget! Bekas Anak Buah Ternyata Masih Solid Beri Dukungan Buat Ferdy Sambo, Pas Rekonstruksi Semuanya Kompak Kenakan…..

Salah satu pimpinan ormas yang hadir, Ketua organisasi masyarakat Jawara Jaga Kampung (Jajaka) Nusantara, Damin Sada mengatakan siap memberi dukungan ketika Anies sudah tak lagi menjabat sebagai Gubernur. Ia berharap Anies bisa punya peran yang lebih besar agar tenaganya bisa membawa banyak manfaat untuk negara. 

"Tentunya, pada akhir jabatan ini ya, tidak ada salahnya silaturahmi, ya insya Allah barang kali ya ke depan mendukung bagaimana Pak Anies tenaganya bisa bermanfaat buat Indonesia ke depan," kata Damin kepada wartawan.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini