Beberkan Dampak Buruk Omongan SBY Soal Pilpres Curang, Pengamat: Ini Menyebabkan Ketidakpercayaan Terhadap Pemilu Kita

Beberkan Dampak Buruk Omongan SBY Soal Pilpres Curang, Pengamat: Ini Menyebabkan Ketidakpercayaan Terhadap Pemilu Kita Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai menilai pernyataan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal indikasi kecurangan pemilihan umum (pemilu) 2024 dapat memunculkan berbagai efek.

Menurut Pangi, salah satu dampak buruk yang timbul akibat omongan SBY adalah lunturnya kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilu di Indonesia, Kendati hajatan lima tahunan itu sudah digelar secara jujur, masyarakat disebut tetap akan ragu gara-gara pernyataan SBY.

Baca Juga: Fadli Zon Aminkan Pernyataan SBY: Memang Pemilu Kita Belum Jujur dan Adil Kok, Selalu Ada Kecurangan! Ya Kita Sama-sama Tahulah...

“Sisi negatifnya, menyebabkan ketidakpercayaan terhadap pemilu kita,” ujar Pangi kepada wartawan Jumat (23/9/2022).

Walau bisa berdampak buruk terhadap penyelenggaraan Pemilu, namun kata Pangi, omongan SBY juga punya sisi baiknya buat partai Demokrat yang kini dipimpin putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

“Akan tetapi, di sisi lain ada vitamin yang bagus juga untuk Partai Demokrat,” tuturnya. 

Menurutnya, hal tersebut sangat baik agar Partai Demokrat bisa siap siaga dan berhati-hati di segala kondisi. 

“Mungkin dalam kondisi terancam atau kirisis, agar kader belajar dari pengalaman dua pemilu sebelumnya 2014-2019,” ucapnya.

Baca Juga: Jangan Kaget! Bekas Anak Buah Ternyata Masih Solid Beri Dukungan Buat Ferdy Sambo, Pas Rekonstruksi Semuanya Kompak Kenakan…..

Pangi menambahkan, Partai Demokrat harus bisa menghalau segala potensi penyalahgunaan kewenangan dan penyelewengan manipulasi dalam pemilu.

“Menurut saya pikiran seperti itu wajar saja,” kata dia.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini