Survei Capres 2024: Ganjar Menempati Posisi Teratas Dibandingkan Dengan Prabowo Anies

Survei Capres 2024: Ganjar Menempati Posisi Teratas Dibandingkan Dengan Prabowo Anies Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Nama Ganjar Pranowo kembali meraih posisi teratas dibandingkan pesaing lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam survei elektabilitas politik yang diselenggarakan lembaga survei Charta Politika. Ganjar meraih 31,1%, Prabowo Subianto 24,4%, dan Anies Baswedan 20,6%. 

Survei ini dilakukan secara simulasi tertutup kepada 10 nama tokoh politik yaitu ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Puan Maharani, Agus Harimurti Yudhoyono, Airlangga Hartarto, Erick Thohir, Khofifah I Parawansa. 

Lebih lanjut, survei inipun digelar secara offline pada tanggal 6-13 September 2022. Adapun responden yang melakukan survei ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 17 tahun (yang memiliki hak untuk memilih). 

Baca Juga: Tanggapi soal Dewan Kopral yang Dibentuk Relawan, Ganjar Pranowo: Saya Minta Semuanya Tahan Diri

Baca Juga: Geger Dewan Kolonel Vs Dewan Kopral, Ferdinand Kasih Usul Biar Bangsa Nggak Ruwet! Mending Prabowo-Ganjar Aja Deh!

Selanjutnya responden juga dipilih dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.220. Selain itu, tingkat eror dari margin ini hanya sekitar 2% yang artinya 95% tingkat kepercayaan dari margin ini. 

Diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo cenderung mengalami kenaikan sejak Desember 2021 yaknk pada Desember 2021 28,2%, April 2022 29,2%, Juni 2022 31,2%, dan September 2022 31,3%. Ini artinya, banyak Ganjar banyak didukung oleh masyarakat umum. 

Namun perlu di garis bawahi bahwa elektabilitas politik bukanlah penentu kemenangan seseorang. Kemenangan di pemilu 2024 bukan ditentukan oleh tingginya elektabilitas. Karena sejatinya, hasil survei hanya sebatas kegiatan politik pada saat survei tersebut dilaksanakan, kedepannya dinamika politik bisa berubah dengan sangat cepat. 

Jadi, jika memiliki elektabilitas tinggi tidak perlu besar kepala dan elektabilitas rendah jangan berkecil hati. Karena elektabilitas tidak menentukan kemenangan. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini