Ferdy Sambo Diduga Punya ‘Kakak Asuh’, Sosok Ini Enggak Heran: Polanya Terlihat!

Ferdy Sambo Diduga Punya ‘Kakak Asuh’, Sosok Ini Enggak Heran: Polanya Terlihat! Kredit Foto: Istimewa

Isu soal ‘kakak asuh’ yang dimiliki oleh Ferdy Sambo memang menjadi sorotan publik belakangan ini karena diduga ikut berperan dalam menangani kasus kematian Brigadir J.

Dugaan adanya kakak asuh itu sendiri disampaikan oleh Guru Besar Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad), Muradi.

Baca Juga: Eng Ing Eng.. Bukannya Dihukum Mati, Ferdy Sambo Malah Divonis Bebas? Hmm Ternyata..

Muradi menyebut bahwa pola kakak asuh yang diduga ‘ikut campur’ dalam penyelidikan kasus dugaan pembunuhan berencana yang dilakukan Ferdy Sambo sudah terlihat.

Ia kemudian meminta kakak asuh tersebut untuk fokus ke proses pengadilan yang akan dijalani oleh Ferdy Sambo.

“Indikasinya terlihat, polanya juga terlihat. Saya cuman bilang mengajak teman-teman (kakak asuh) fokus saja pada proses pengadilan,” ujarnya dalam wawancara bersama Kompas TV.

Tak hanya itu, Muradi juga menduga kakak asuh terus memantau proses hukum yang dijalani Ferdy Sambo, mulai dari penetapan tersangka hingga proses sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

Sementara itu, Komjen Pol. (Purn) Ito Sumardi, menyebut bahwa istilah kakak atau adik asuh merupakan hal yang lazim, bahkan tak hanya di institusi Polri saja.

“Jadi sebetulnya istilah kakak asuh dan adik asuh itu istilah yang lazim. Semua lembaga pendidikan bukan hanya di Polri saja,” jelasnya dikutip Populis.id dari kanal YouTube KOMPASTV yang videonya diunggah pada Jumat (23/9/2022).

Menurutnya, hubungan kakak atau adik asuh di kepolisian biasanya bicara soal kedekatan baik secara personal, suku, daerah, atau alumni.

Ito menyampaikan, “Kemudian biasanya kakak asuh ini mulai dari masih pendidikan sudah melihat potensi adik asuhnya. Sehingga saat kakak asuh ini menjadi pejabat di Polri, tentunya yang bersangkutan juga akan melihat adik asuhnya di Polri.”

Baca Juga: AHY Ceplas-ceplos Ngomongin Infrastruktur Ala Jokowi, Formappi: Ini Upaya Memanaskan situasi Sebelum Kontestasi!

Dengan adanya kakak dan adik asuh, Ito menyebut bahwa sang kakak bisa mengawasi adiknya terkait kinerja dalam pekerjaannya.

Meski begitu, peran kakak asuh bisa menimbulkan efek negatif seperti hutang budi, loyalitas sempit, dan sebagainya.

“Bisa saja timbul loyalitas sempit, keberhutangan budi, kemudian juga barangkali yang bersangkutan menyingkirkan daripada potensi lain, yang lebih baik, yang bukan adik asuhnya,” pungkasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover