Singgung Hutang Budi, Purnawirawan Polri Sebut Fenomena ‘Kakak Asuh’ Ferdy Sambo Sudah Lazim: Bukan Hanya di Polri!

Singgung Hutang Budi, Purnawirawan Polri Sebut Fenomena ‘Kakak Asuh’ Ferdy Sambo Sudah Lazim: Bukan Hanya di Polri! Kredit Foto: Istimewa

Isu soal adanya ‘kakak asuhFerdy Sambo yang menjadi bekingannya di Polri menjadi salah satu hal yang sering diperbincangkan publik.

Sosok kakak asuh tersebut bahkan diduga ikut berperan dalam kasus kematian Brigadir J untuk meringankan vonis mantan Kadiv Propam tersebut.

Baca Juga: Ferdy Sambo Diduga Punya ‘Kakak Asuh’, Sosok Ini Enggak Heran: Polanya Terlihat!

Meski Polri sudah membantah keberadaan kakak asuh Ferdy Sambo, tapi Komjen Pol. (Purn) Ito Sumardi mengungkap bahwa fenomena tersebut merupakan hal yang lazim, bahkan tidak hanya di institusi Polri.

“Jadi sebetulnya istilah kakak asuh dan adik asuh itu istilah yang lazim, semua lembaga pendidikan bukan hanya di Polri saja,” ungkapnya dikutip Populis.id dari kanal YouTube KOMPASTV yang videonya diunggah pada Jumat (23/9/2022).

Menurutnya, fenomena kakak asuh di institusi kepolisian biasanya berkaitan dengan kedekatan, baik secara personal, suku, daerah, maupun alumni.

Selain itu, Ito menyebut bahwa kakak asuh biasanya sudah melihat potensi adik asuhnya sejak masih menempa pendidikan dan mengawasi kinerjanya.

Ito menyampaikan, “Kemudian biasanya kakak asuh ini mulai dari masih pendidikan sudah melihat potensi adik asuhnya, sehingga saat kakak asuh ini menjadi pejabat di Polri tentunya yang bersangkutan juga akan melihat adik asuhnya di Polri.”

Baca Juga: Sebut Pilpres 2024 Bakal Ada Kecurangan, SBY Malah Kena Serangan Balik: Jangan-jangan Kemarin Menang Pemilu Curang?

Meski begitu, ia mengatakan kalau adanya kakak asuh bisa memunculkan efek negatif terkait hutang budi, loyalitas yang sempit, bahkan menyingkirkan potensi orang yang sebenarnya baik tapi bukan adik asuhnya.

“Bisa saja timbul loyalitas sempit, keberhutangan budi, kemudian juga barangkali yang bersangkutan menyingkirkan daripada potensi lain yang lebih baik yang bukan adik asuhnya,” pungkasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover