Ucapan SBY soal Ada Kecurangan di Pilpres 2024 Gak Main-main, Dengar! Biar Masyarakat Nggak Terbelah Karena Disuguhi Dua Calon Saja

Ucapan SBY soal Ada Kecurangan di Pilpres 2024 Gak Main-main, Dengar! Biar Masyarakat Nggak Terbelah Karena Disuguhi Dua Calon Saja Kredit Foto: Asprilla Dwi Adha

Peneliti Indikator Politik, Bawono Kumoro menilai ada maksud tertentu ketika Presiden Keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bakal ada kecurangan di Pilpres 2024 mendatang.

Menurutnya, pernyataan tersebut adalah bentuk kepedulian SBY terhadap bangsa ini agar tidak terpolarisasi dengan dua pasangan calon saja. Menurutnya, SBY sedang berusaha agar masyarakat disuguhi lebih dari dua pasangan.

"Lebih kepada kepedulian SBY sebagai mantan presiden agar publik memiliki beragam pilihan," katanya kepada Populis.id pada Senin (26/09/2022).

Baca Juga: SBY Siap Turun Gunung di 2024, Mantan Orang Demokrat Nyelekit Banget: Kita Bukan Kerajaan, Jangan Berlomba Sukseskan Anak Sendiri!

Ia juga menilai peringatan SBY mengenai skenario dua pasangan calon dalam pemilihan presiden mendatang harus diletakkan dalam konteks untuk merespons gagasan dua pasangan calon saja dalam pemilihan presiden. Sebagaimana oleh sekretaris jenderal Hasto Kristianto dalam sebuah diskusi diselenggarakan BRIN bulan lalu.

"Karena memang keinginan dari PDI Perjuangan agar pasangan calon dalam pemilihan presiden 2024 dua pasangan calon saja adalah sebuah ironi tersendiri," terangnya.

Baca Juga: Mantan Politisi Demokrat Blak-blakan Soal SBY: Pakar Playing Victim!

Bawono mempertanyakan mengapa harus dibatasi pada dua pasangan calon. Padahal saat ini sebagaimana terekam dalam survei-survei saat Indonesia memiliki figur-figur potensial dari untuk menjadi pemimpin nasional di masa depan.

"Sepanjang pasangan-pasangan calon muncul dapat memenuhi ketentuan dari undang-undang pemilihan umum seperti dukungan dari partai politik atau gabungan partai politik memiliki kursi 20 persen DPR RI maka biarkan saja muncul lebih dari dua pasangan calon," tegasnya.

Baca Juga: Tuduhan Pilpres 2024 Curang Karena AHY Nggak Bisa Maju! Memang SBY Bilang Gitu Biar Masuk Surga? Enggak Bro!

Ia menekankan tidak wajar apabila dari sembilan partai politik di DPR RI saat ini, hanya memunculkan dua pasangan calon saja di pemilihan presiden mendatang.

"Kemudian juga jangan paksa pemilih untuk kembali disuguhkan oleh dua pasangan calon saja sebagaimana dua pemilihan presiden terdahulu. Potensi keterbelahan pada tingkat grass root pemilih akan kembali terbuka," pungkasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover