Orang ini Berani Senggol Luhut: Ini Bukan Lagi Rasis? Tetapi Sudah Benar-benar Menghancurkan Persatuan dan Kedamaian dalam Berbangsa!

Orang ini Berani Senggol Luhut: Ini Bukan Lagi Rasis? Tetapi Sudah Benar-benar Menghancurkan Persatuan dan Kedamaian dalam Berbangsa! Kredit Foto: Taufik Idharudin

Direktur Lembaga Dakwah MPP ICMI MUDA, Ahmad Anjai Al Baroesy komentari Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal pernyataannya terhadap orang non Jawa yang kemungkinan kecil jadi Presiden RI. 

"Ini bukan lagi Rasis? Tetapi sudah benar-benar menghancurkan persatuan dan kedamaian dalam berbangsa dan bernegara!" ujar Ahmad Anjai dari Twitter @baroesy pada Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Blak-blakan Cerita Kamaruddin Simanjuntak Didekati Pihak Ferdy Sambo Agar Melenceng Bela Keluarga Brigadir J, Ini yang Dilakukannya...

Ia pun menyinggung soal Undang-undang (UU) yang memberikan keterangan non Jawa tidak perlu berharap jadi presiden

"Coba cek di Bahagian UU Mana yang dengan terang dibubuhkan, bahwa kalau bukan Jawa, maka tidak usah berharap jadi Presiden?" Katanya.

"Ini sungguh-sungguh ocehan Toilet, yang tidak perlu di DENGAR!" Sambungnya.

Baca Juga: Gubernur Papua Terseret KPK, Pendeta: Tak Ada Salahnya Lukas Enembe Maju dengan Berani Nyatakan Kebenaran Atas Nama Tuhan

Diketahui sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan membahas perihal kemungkinan tokoh dari luar Jawa terpilih sebagai Presiden RI. Ia menyebut kalau orang-orang dari luar Jawa harus sadar diri untuk maju sebagai presiden.

"Apa harus jadi presiden aja kau bisa mengabdi? Harus tahu diri juga lah, kalau kau bukan orang Jawa. Ini bicara antropologi. Kalau Anda bukan orang Jawa dan pemilihan langsung (terjadi) hari ini, saya enggak tahu 25 tahun lagi, udah lupain deh. Enggak usah kita memaksakan diri kita, sakit hati," kata Luhut saat bersama pengamat politikRocky Gerung di akun youtube RGTV Channel yang dikutip pada Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Bu Putri Candrawathi ini Unik ya... LPSK Dibuat Terheran-heran Lho di Kasus Pelecehan Seksual oleh Brigadir J! Korban Palsu?

Dalam video itu, Luhut dengan Rocky membahas berbagai isu, salah satunya kondisi politik Indonesia menjelang Pemilu 2024. Mereka juga membahas politisi yang berambisi jadi presiden.

Lebih lanjut, Rocky pun menilai keadaan tersebut menjadi aspek yang membatalkan ambisi orang di luar Jawa menjadi presiden.

"Antropologi kita basisnya adalah ethnicity, dan faktualitas itu yang kadangkala membatalkan ambisi orang menjadi presiden," kata Rocky.

Baca Juga: Nah Lho... Elektabilitas Tinggi Gak Jamin Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Bisa Maju Pilpres 2024, Kenapa?

Luhut pun langsung memberikan sahutan dengan mengatakan kalau dirinya termasuk orang yang nyaris tak mungkin jadi Presiden.

"Ya termasuk saya. Saya double minoritas. Sudah Batak, Kristen lagi. Jadi saya bilang sudah cukup itu, kita harus tahu," sahut Luhut.

Baca Juga: Surya Paloh Tak Hadir di Nikahan Anak Jokowi, Politisi NasDem Ungkap Sebabnya! Ternyata....

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover