Turun Gunung, SBY Mendarat di Tempat yang Salah, Omongan Soal Kecurangan Pemilu 2024 Bikin Curiga, Jangan-jangan Dulu Menang Karena Curang!

Turun Gunung, SBY Mendarat di Tempat yang Salah, Omongan Soal Kecurangan Pemilu 2024 Bikin Curiga, Jangan-jangan Dulu Menang Karena Curang! Kredit Foto: Asprilla Dwi Adha

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menyoroti penyataan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut Pilpres 2024 bakal dicurangi. 

Menurutnya pernyataan itu terlampau serampangan. Omongan SBY kata Lucuis justru bikin masyarakat curiga, jangan sampai penyelenggaraan pemilu sebelum-sebelumnya memang dicurangi. Pemimpin yang terpilih sebelumnya jangan-jangan hasil memanipulasi dan mengakali hasil pemilu. 

Baca Juga: Setelah Sudutkan Brigadir J Soal Pemerkosaan, Pendeta Gilbert Kini Sasar Bharada Eliezer: Sambo Perintahkan Menembak, Bukan Membunuh!

"Dia bisa nuduh 2024 curang, jangan-jangan di era sebelumnya ada kecurangan atau yang sebelumnya menang, menang karena kecurangan," kata Lucius dalam sebuah diskusi dikutip Senin (26/9/2022).  

Lebih lanjut, Lucius menyebut pernyataan  SBY soal kecurangan Pemilu 2024 jelas aneh, sebab pernyataan itu  dilontarkan sebelum pemilu dimulai bahakan hingga kini saja calon presiden yang bakal maju pada hajatan lima tahunan itu masih samar-samar.

"Tidak hanya muncul terlalu dini, peserta Pemilu belum dipastikan, bagaimana orang menyusun kecurangan? Siapa presidennya, calon belum ada, bagaimana strategi membuat kecurangan," tuturnya. 

Lucius bahkan berseloroh jika SBY memang turun gunung, namun tempat dia turun bukan di tempat yang tepat. Pasalnya apa yang dia sampaikan justru tidak menguntungkan Demokrat.

"Ini sosok besar turun gunung tapi tampaknya dia mendarat di tempat yang tepat, ngawang-ngawang, tidak menguntungkan partainya. Sejauh ini tidak menguntungkan itu ke publik, ini masih jauh pemilu lebih penting untuk membangun komunikasi agar tidak makin mudab terkerdilkan gara-gara klaim itu," sambungnya.

Baca Juga: Denny Siregar Minta SBY Turun Gunung Tangani Kasus Lukas Enembe: Tinggal Perintah Datang ke Jakarta!

Sebagaimana diketahui pernyataan SBY soal kecurangan pemilu 2024 sempat berpolemik lantaran diprotes keras  berbagai pihak.

Salah satu pihak yang protes mati-matiana terkait pernyataan itu adalah PDI Perjuangan sebab partai besutan Megawati Soekarnoputri itu menganggap pernyataan SBY itu menyerang Jokowi. PDIP lantas mengukit kecurangan Pemilu 2009  yang dimenangkan Demokrat.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover