Cak Imin Doakan Puan Jadi Capres, Pengamat Politik: Kemungkinan Cawapresnya Kecil, Cak Imin Akan Tetap Bersama Prabowo

Cak Imin Doakan Puan Jadi Capres, Pengamat Politik: Kemungkinan Cawapresnya Kecil, Cak Imin Akan Tetap Bersama Prabowo Kredit Foto: Twitter Puan Maharani

Pengamat komunikasi politik, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan bahwa doa Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin agar Puan Maharani jadi Capres tentu hal yang lumrah dalam dunia politik.

Menurutnya, sesama politisi, apalagi sesama partai pendukung pemerintah, hal seperti itu bukanlah hal istimewa. Saling mendoakan sudah akan menjadi basa basi politik diantara mereka.

"Meskipun doa Cak Imin itu bisa saja dimaknai berbeda oleh setiap orang. Misalnya, Cak Imin berharap agar Puan mengajaknya berkoalisi dalam Pilpres 2024. Harapannya, kalau koalisi dengan PDIP terwujud, bisa saja ia berharap ditawari menjadi cawapres," katanya kepada Populis.id pada Selasa (27/09/2022).

Baca Juga: Cak Imin Seolah Kode Mau Jadi Cawapres Puan, Prabowo Jawab: Ingat Kita Punya Kesepakatan...

Namun, ia menegaskan bahwa kemungkinan itu kecil terjadi mengingat Puan dan Cak Imin elekrabilitasnya sama-sama rendah. Karena itu, sulit dibayangkan untuk memenangkan Pilpres bila Puan dan Cak Imin berpasangan. 

"Maka, Cak Imin menyampaikan doa kepada Puan sebatas ungkapan sesama politisi. Hal itu juga sebagai bentuk hormat Cak Imin terhadap ayahanda Puan, Taufik Kiemas, yang pernah membantunya diawal karier politiknya," tuturnya.

Baca Juga: Dilarang Lewat Pintu Depan Gedung DPR, IPW Batal Hadir Sidang MKD: Ada Diskriminasi...

Jamiluddin beranggapan bahwa Cak Imin tampaknya akan tetap bersama Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Kalaupun Puan mau berkoalisi dengannya dan Prabowo, maka kebersamaan mereka selama ini dapat dipertahankan. 

"Koalisi yang mereka bangun akan sangat kuat karena mewakili nasionalis dan religius. Karena itu peluang menang akan sangat besar," tegasnya.

Baca Juga: Jadi Tersangka Korupsi, Ternyata Lukas Enembe Idap Komplikasi: Kakinya Sampai Bengkak, Kalau Dipencet Masuk, Cairan Sudah...

Kalau itu keinginan cak Imin, kata Jamil, berarti ia mau mengalah melepas cawapres. Ia bisa saja menyerahkan posisi itu pada Puan untuk berpasangan dengan Prabowo pada Pilpres 2024.

"Cak Imin kemungkinan mau melakukan hal itu karena menyadari elektabikitasnya memang sulit didongkrak. Karena itu, ia bisa saja mengalah tanpa cawapres, namun ia minta jatah menteri lebih banyak bila pasangan Prabowo dan Puan menang pada Pilprea 2024," pungkasnya.

Baca Juga: Buntut Sebut Jokowi Firaun, Benarkah Gibran Datangi Rumah Cak Nun?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover