Apa Itu Sosialisme?

Apa Itu Sosialisme? Kredit Foto: nytimes

Sosialisme merupakan doktrin sosial dan ekonomi yang menyerukan kepemilikan atau kontrol publik daripada pribadi atas properti dan sumber daya alam.

Menurut pandangan sosialis, individu tidak hidup atau bekerja dalam isolasi tetapi hidup dalam kerja sama satu sama lain.

Segala sesuatu yang diproduksi orang dalam arti tertentu merupakan produk sosial, dan setiap orang yang berkontribusi pada produksi suatu barang berhak mendapat bagian di dalamnya.

Oleh karena itu, masyarakat secara keseluruhan harus memiliki atau setidaknya mengendalikan properti untuk kepentingan semua anggotanya.

Baca Juga: Batasi Tatap Muka, Bamsoet Minta Pengusaha Bioskop Gencarkan Sosialisasi Pembelian Tiket Secara Daring

Sosialisme bertentangan dengan kapitalisme, yang didasarkan pada kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi dan memungkinkan pilihan individu di pasar bebas untuk menentukan bagaimana barang dan jasa didistribusikan.

Menurut kaum sosialis, kebebasan sejati dan kesetaraan sejati membutuhkan kontrol sosial atas sumber daya yang menjadi dasar kemakmuran dalam masyarakat mana pun.

Karl Marx dan Friedrich Engels membuat poin ini dalam Manifesto Partai Komunis (1848) ketika mereka memproklamirkan bahwa dalam masyarakat sosialis direfleksikan dalam “Kondisi untuk perkembangan bebas masing-masing adalah perkembangan bebas semua.”

Ketidaksetujuan kaum sosialis terdiri dari dua poin yakni:

1. Menyangkut luas dan jenis properti yang harus dimiliki atau dikendalikan oleh masyarakat.

Misalnya, masyarakat yang dibayangkan oleh humanis Inggris Sir Thomas More dalam Utopianya (1516). Sosialis lain, bagaimanapun, telah bersedia menerima atau bahkan menyambut kepemilikan pribadi atas pertanian, toko, dan usaha kecil atau menengah lainnya.

2. Cara masyarakat menjalankan kontrolnya atas properti dan sumber daya lainnya. Dalam hal ini kubu utama terdiri dari kelompok sentralis dan desentralisasi yang didefinisikan secara longgar.

Sisi sentralis adalah sosialis yang ingin menginvestasikan kontrol publik atas properti di beberapa otoritas pusat, seperti negara.

Asal-Usul Sosialisme

Asal usul sosialisme sebagai gerakan politik terletak pada Revolusi Industri. Akar intelektualnya, bagaimanapun, mencapai kembali hampir sejauh pemikiran yang tercatat.

Baca Juga: Kubu AHY Ditantang Yusril: Buruan Cari Advokat, Kita Berkelahi Secara Intelektual!

Ide-ide sosialis atau komunis tentu memainkan peran penting dalam ide-ide filsuf Yunani kuno Plato.

Komunitas-komunitas Kristen awal juga mempraktikkan pembagian barang dan tenaga kerja, suatu bentuk sosialisme sederhana yang kemudian diikuti dalam bentuk-bentuk monastisisme tertentu.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini