Seniman Wanita Jajang C. Noer Sebut Pelacur Itu Bermartabat, 'Ngaji di Mana Bu?'

Seniman Wanita Jajang C. Noer Sebut Pelacur Itu Bermartabat, 'Ngaji di Mana Bu?' Kredit Foto: Istimewa

Seorang aktivis perempuan sekaligus artis senior, Jajang C. Noer, menanggapi soal rencana penutupan semua lokasi prostitusi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Jajang saat dirinya menjadi salah satu narasumber dalam acara Catatan Demokrasi di tvOne pada Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Nggak Kira-kira! Gubernur Maluku Utara Beri Pujian Setinggi Langit Buat Anies Baswedan: Dia Luar Biasa, Dia Memperhatikan Kami!

Jajang merasa bahwa Pekerja Seks Komersial (PSK) alias pelacur merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh seorang wanita untuk bertahan hidup karena hanya itu yang bisa dia kerjakan.

Menurutnya, meski semua tempat ditutup, prostitusi akan tetap selalu ada sampai kapan pun dan pekerjaan itu juga ia nilai tidak merendahkan perampuan karena itu sudah pilihan mereka.

Ia juga berpikir dosa dalam prostitusi ditanggung oleh individu itu sendiri sehingga negara tidak perlu ikut campur.

Menyinggung soal martabat, Jajang menyebut bahwa pelacur justru memiliki martabat karena mereka bisa bertahan hidup sendiri.

“Justru pelacur itu bermartabat karena dia men-survive-kan dirinya sendiri. Itu adalah yang dia bisa lakukan, itu bermartabat,” ucapnya dikutip Populis.id dari kanal YouTube tvOneNews pada Rabu (28/9/2022).

“Dia memenuhi kebutuhannya untuk hidup,” jelas Jajang menandaskan.

Ia kemudian membandingkan pekerjaan PSK dengan orang yang memiliki jabatan yang tinggi di Tanah Air.

Jajang menyebut bahwa orang dengan jabatan tinggi bisa saja tidak memiliki martabat seperti para pelacur tersebut.

Ia mengatakan, “Bapak-bapak atau siapa pun yang tinggi pangkatnya atau apa, itu bisa saja tidak bermartabat.”

Baca Juga: Viral Gegara Muka Puan Terlihat Kesal Sampai Lempar Kaos, Orang ini Ngomong: Mungkin Kondisi Saat itu Panas, Kerumunannya....

“Kita tahu ada satu orang bapak-bapak yang sama sekali tidak bermartabat karena dia dengan statement-statementnya dia, itu bisa, ada terjadi itu. Jadi jangan ngomong soal martabat,” pungkasnya.

Cuplikan video Jajang yang membahas soal martabat pelacur itu diunggah oleh salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Umar Hasibuan alias Gus Umar.

Saat mengunggah video berdurasi 40 detik itu, ia bertanya kepada netizen mengenai ucapan seniman wanita tersebut.

“Apa pendapat kalian dgn ucapan bu jajang ini yg bilang pelacur itu bermartabat?” tanyanya.

Netizen yang melihat cuitan itu kemudian ikut berkomentar dan menyampaikan pendapat mereka.

“ane gak paham statement bu Jajang ini, bertabat dari sisi mananya? Kalau sekedar survive, masih banyak pekerjaan formal dan informal lainnya yang dilakoni oleh banyak orang untuk hidup,” jelas @tok_suh****.

“Ngomong apa sih Ibuk ini..udah gak jelas menyesatkan,” tutur @putra_d****.

“Bu Jajang itu belajarnya di mana ngaji dimana kok pelacur bermartabat.ANEH pada stres manusia itu,” imbuh @Akrim2303****.

“Bangun tidur lgsg jd narsum,” terang @d2bali****.

Selain itu, masih ada berbagai macam komentar yang ditulis oleh netizen soal video yang telah ditonton ribuan kali tersebut.

Baca Juga: Surya Paloh Tak Hadir di Nikahan Anak Jokowi, Politisi NasDem Ungkap Sebabnya! Ternyata....

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover