Terkuak! IPW Bongkar Sosok Kakak Asuh Ferdy Sambo, Ini Upaya yang Dilakukan Demi Sang ‘Adik’, Ya Ampun!

Terkuak! IPW Bongkar Sosok Kakak Asuh Ferdy Sambo, Ini Upaya yang Dilakukan Demi Sang ‘Adik’, Ya Ampun! Kredit Foto: Akurat

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, membongkar dugaannya soal sosok kakak asuh Ferdy Sambo yang selama ini diduga telah membantunya dalam kasus kematian Brigadir J.

Sugeng menceritakan soal kakak asuh Ferdy Sambo saat berbincang dengan jurnalis Aiman Witjaksono yang videonya diunggah di kanal YouTube KOMPASTV pada Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Benarkah Jet Tempur Jerman Tembak Jatuh Jet Milik Indonesia?

Awalnya, Aiman menyinggung soal sosok kakak asuh Ferdy Sambo yang salah satunya digadang-gadang merupakan jenderal bintang empat alias polisi berpangkat jenderal, posisi paling tinggi di kepolisian.

Sugeng kemudian mengaku kalau dirinya belum mendalami hal itu, tapi ia mengetahui soal kakak asuh Ferdy Sambo yang diduga merupakan eks jenderal bintang empat atau mantan Kapolri.

“Ini yang saya belum cukup mendalami ya, walaupun saya mengetahui (kakak asuh Ferdy Sambo) ada disebut mantan jenderal bintang empat, mantan Kapolri,” ungkapnya dikutip Populis.id dari kanal YouTube KOMPASTV pada Rabu (28/9/2022).

Sugeng menambahkan, “Kalau saya lihat dalam kaitan hubungan pekerjaan, waktu zaman Pak Tito, ketua Satgassus-nya adalah Pak Idham Azis, Sambo adalah sekretarisnya. Ketika Pak Idham Azis menjadi Kapolri, Sambo ketua Satgassus sampai sekarang.”

Mendengar pernyataan Sugeng, Aiman kemudian bertanya, “Apakah kakak asuh yang dimaksudkan adalah itu?”

Sugeng pun menjawab, “Bisa jadi.”

Mengetahui jawaban Sugeng, Aiman meyakinkan apakah mantan jenderal bintang empat itu memang kakak asuh Ferdy Sambo. Pasalnya, ia menilai purnawirawan Polri sudah tidak bisa melakukan apa pun.

Baca Juga: Pantang Menyerah Demi Sang ‘Adik’, Kakak Asuh Ferdy Sambo Disebut Sedang Pilih Hakim Persidangan, Hmm..

Sugeng kemudian menjelaskan bahwa meski kakak asuh Ferdy Sambo sudah pensiun dari Polri, tetapi mereka masih memiliki pengaruh.

“Tapi pengaruh (purnawirawan) saya rasa ada. Dalam kaitan pekerjaan, dia pernah juga memberikan satu dukungan promosi, ya kan ini balas budi dong,” jelasnya.

Aiman menanggapi, “Tapi kemudian ketika Sambo-nya seperti ini dan kakak asuhnya sudah purnawirawan kan tidak ada hal yang bisa dilakukan?”

Sugeng membalas, “Ya tapi kan dia bukan hanya (jadi kakak asuh) kepada Sambo (tapi juga) kepada polisi lain yang sedang bertugas. Mengingatkan hubungan yang baik kan itu sesuatu yang baik.”

Ia menekankan bahwa anggota polisi yang sudah pensiun boleh saja meminta agar hukuman adiknya diringankan.

Sugeng menyampaikan, “Kalau dia sudah pensiun, boleh-boleh saja dia kemudian meminta supaya adik asuhnya ‘jangan diberatin lah’, itu saya rasa boleh.”

Aiman lalu bertanya lagi apakah kakak asuh itu akan ‘bekerja’ sampai ke pengadilan dan memengaruhi hakim atau jaksa.

“Iya, tentu dong. Bahkan saya mendengar informasi ada upaya memilih hakim yang bisa menerima pembelaan (agar hukuman Ferdy Sambo diringankan),” jelas Sugeng.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover