Biografi Che Guevara: Sang Ahli Taktik Perang Gerilya dalam Revolusi Kuba

Biografi Che Guevara: Sang Ahli Taktik Perang Gerilya dalam Revolusi Kuba Kredit Foto: Berdikari online

Che Guevara memiliki nama panggilan Ernesto Guevara de la Serna yang lahir pada ahir 14 Juni 1928 di Rosario, Argentina. Guevara meninggal 9 Oktober 1967 di La Higuera, Bolivia.

Che Guevara merupakan ahli teori dan ahli taktik perang gerilya, tokoh komunis terkemuka dalam Revolusi Kuba (1956 –59).

Baca Juga: Samber Ucapan JK, Kami Akan Perangi Orang Asing yang Pura-Pura Indonesia, Pak! Dengarkan Itu!

Guevara juga merupakan pemimpin gerilya di Amerika Selatan. Setelah dieksekusi oleh tentara Bolivia, ia dianggap sebagai pahlawan yang mati syahid oleh generasi kiri di seluruh dunia, dan citranya menjadi ikon radikalisme kiri dan anti-imperialisme.

Pendidikan Che Guevara

Guevara adalah anak tertua dari lima bersaudara dalam keluarga kelas menengah keturunan Spanyol-Irlandia dan condong ke kiri. Meskipun menderita asma, ia unggul sebagai atlet dan sarjana, menyelesaikan studi medisnya pada tahun 1953.

Ia menghabiskan banyak liburannya bepergian di Amerika Latin, dan pengamatannya tentang kemiskinan yang besar dari massa berkontribusi pada kesimpulan akhirnya bahwa satu-satunya solusinya terletak pada revolusi kekerasan.

Dia datang untuk melihat Amerika Latin bukan sebagai kumpulan negara-negara yang terpisah tetapi sebagai entitas budaya dan ekonomi, yang pembebasannya akan membutuhkan strategi antarbenua.

pandangan dunianya diubah oleh perjalanan sembilan bulan yang dia mulai pada bulan Desember 1951, saat hiatus dari sekolah kedokteran, dengan temannya Alberto Granado.

Perjalanan itu, yang dimulai dengan sepeda motor yang mereka sebut "The Powerfull" (yang mogok dan ditinggalkan di awal perjalanan).

Membawa mereka dari Argentina melalui Chili, Peru, Kolombia, dan terus ke Venezuela, dari Guevara melakukan perjalanan sendirian ke Miami dan kembali ke Argentina dengan pesawat.

Baca Juga: Dibongkar Sejadi-jadinya, Ternyata Ini Kekuatan JK di Pilpres 2024, Nggak Bisa Dianggap Enteng Bos!

Selama perjalanan Guevara membuat jurnal yang diterbitkan secara anumerta di bawah bimbingan keluarganya sebagai The Motorcycle Diaries: Notes on a Latin American Journey (2003) dan diadaptasi menjadi film sebagai The Motorcycle Diaries (2004).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini