Malaysia Hapus Aturan Wajib Masker di Pesawat, Indonesia Kapan?

Malaysia Hapus Aturan Wajib Masker di Pesawat, Indonesia Kapan? Kredit Foto: Antara/Fauzan

Negara Malaysia melalui Kementerian Kesehatannya mencabut aturan wajib penggunaan masker di pesawat terbang mulai pada Rabu (28/9/2022).

Penggunaan masker di pesawat kini menjadi opsional bagi para penumpang.

Namun demikian, Menteri Kesehatan, Khairy Jamaluddin menganjurkan agar mereka yang memiliki gejala Covid-19 serta kelompok berisiko tinggi seperti orang tua dan yang memiliki penyakit penyerta, tetap menggunakan masker selama penerbangan.

Baca Juga: Bisa-bisanya Disentil Netizen Gegara Kasar Lepas Masker Paspampers yang Pukul Sopir Truk, Wali Kota Solo Gibran Auto Beri Jawaban Menohok!

“Berdasarkan penilaian situasi Covid-19 saat ini dan dengan mempertimbangkan persyaratan terkini, Kementerian Kesehatan mengumumkan bahwa penggunaan masker tidak lagi wajib saat naik pesawat,” katanya dalam sebuah pernyataan dilansir dari Malaymail, Rabu (28/9).

Khairy mengatakan, Kementerian Kesehatan melakukan penilaian risiko kondisi khas di dalam pesawat, seperti tingkat ventilasi, penggunaan filter penyerap partikel berefisiensi tinggi (HEPA), pengaturan tempat duduk menghadap ke depan, dan desinfeksi kabin secara teratur.

Baca Juga: Jokowi Imbau Masyarakat Pakai Masker Kembali, Rocky Gerung: Kebijakan Berubah-ubah!

Relaksasi tersebut juga sejalan dengan anjuran kesehatan di Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Singapura. Namun, Khairy mengingatkan, persyaratan itu hanya dijatuhkan di Malaysia dan penggunaan masker wajah pada penerbangan keluar tetap tunduk pada persyaratan negara tujuan.

Awal bulan ini, Khairy telah mengumumkan masker wajah di dalam ruangan tidak lagi wajib, tetapi tunduk pada kebijaksanaan masing-masing pemilik premis. Sedangkan untuk penggunaan masker di transportasi umum dan di semua fasilitas kesehatan masih diwajibakan.

Sementara itu, Indonesia masih menerapkan aturan wajib penggunaan masker di peswat maupun transportasi publik lainnya. Masker hanya diperbolehkan lepas saat berada di luar ruangan yang sepi.

Baca Juga: Pj Gubernur Heru Budi Haruskan Seluruh Masjid di Jakarta Setor 50 Persen Infak ke Ormas, Dokter Eva: Hati-hati Bro, Ini soal Amanah

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover