Sebut Pelaporan Anies ke Bawaslu Terlalu Berlebihan, Demokrat Sindir Wacana Presiden 3 Periode

Sebut Pelaporan Anies ke Bawaslu Terlalu Berlebihan, Demokrat Sindir Wacana Presiden 3 Periode Kredit Foto: Al Musthafa Gustar's

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai pelaporan Gubernur Anies Baswedan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terlalu berlebihan. Menurutnya tidak ada aturan yang dilanggar terkait peristiwa penyebaran tabloid Anies di Malang, Jawa Timur.

“Berlebihan. Namanya juga aspirasi masyarakat. Selama tidak melanggar konstitusi dan aturan yang berlaku, seharusnya dipersilakan saja,” ucap Herzaky saat dikonfirmasi, Kamis (29/9).

Baca Juga: Tabloid Anies Dilaporkan ke Bawaslu, Pakar Hukum: Tak Ada Unsur Pidana, Jangan Dibesar-besarkan!

Herzaky mengatakan, penyebaran tabloid Anies di Malang merupakan salah satu bentuk aspirasi dari kelompok relawan untuk menyuarakan siapa sosok yang dinilainya pantas dijadikan bakal calon presiden. Semestinya, langkah-langkah seperti itu harus didorong bukan justru dilaporkan.

“Seharusnya kalau ada relawan-relawan bacapres lain, didorong saja mensosialisasikan sosok yang ingin mereka dorong,” kata dia.

Baca Juga: Tabloid Anies Berbuntut Panjang Sampai Dibawa ke Bawaslu, Komisi II Kasih Pembelaan: Jangan Sedikit-sedikit Melaporkan dan Adu Domba!

Herzaky menegaskan kembali bahwa penyebaran tabloid Anies tersebut sama  sekali tak melanggar aturan, beda dengan dengan isu wacana presiden tiga periode dan penambahan masa jabatan yang sempat ramai beberapa waktu lalu. 

“Beda dengan mengusulkan tiga periode atau penambahan masa jabatan. Jelas-jelas melanggar konstitusi,” tuturnya.

Baca Juga: Menohok! Pengamat Politik Nilai Penyebaran Tabloid Anies yang Dilaporkan ke Bawaslu Tendensius: Arahnya Tuduhan, Nggak Bisa...

Sebelumnya, Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi melaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Bawaslu terkait penyebaran tabloid di sejumlah masjid di Kota Malang. Ia menilai Anies telah  melakukan kampanye secara dini.

"Sudah kami laporkan dan kami sertakan bukti-bukti hari ini," ucap kata Koordinator Nasional Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi Miartiko Gea.

Baca Juga: Jika Habib Rizieq Cs Pilih Anies Baswedan di Pilpres 2024, Prabowo Subianto Bakal Ditinggal Gara-gara Ini!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover