SMRC: Jika Puan Maharani Nyapres, Suara PDIP di Pemilu 2024 Bakal Anjlok

SMRC: Jika Puan Maharani Nyapres, Suara PDIP di Pemilu 2024 Bakal Anjlok Kredit Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani menjelaskan bahwa jika PDIP tetap memaksakan mencalonkan Puan Maharani sebagai presiden, akan berdampak negatif pada perolehan suara partai di Pemilu 2024.

SMRC pun melakukan studi eksperimental. Ini dilakukan untuk melihat hubungan kausalitas antara calon dan partai.

Dalam studi ini, ditanyakan kepada responden jika PDIP mencalonkan Puan Maharani, apakah akan memilih PDIP bila Pemilu dilakukan sekarang?

Baca Juga: Luhut Sebut Orang Jawa Sulit Jadi Presiden, Habib Umar: Ditunjukan ke Puan Maharani...

Hasilnya, ada 25 persen yang menyatakan akan memilih PDIP, 44 persen menyatakan tidak memilih PDIP, dan 31 persen menjawab tidak tahu.

Saiful Mujani menjelaskan, berbeda hal jika PDIP tidak mencalonkan Puan Maharani. Hasilnya, ada 28 persen yang menyatakan memilih PDIP, 43 persen tidak memilih, dan 29 persen tidak tahu.

"Mbak Puan tidak meningkatkan elektabilitas PDIP kalau dia dicalonkan," ujar Guru Besar Ilmu Politik UIN Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Disebut PKI, Megawati dan Puan Ingin Penjarakan Anies Baswedan?

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022 dengan populasi survei seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam Pemilu.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Responden rate sebesar 1053 atau 86 persen dengan margin of error survei diperkirakan sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Jika Habib Rizieq Cs Pilih Anies Baswedan di Pilpres 2024, Prabowo Subianto Bakal Ditinggal Gara-gara Ini!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover