Said Didu: Mas Febri, Memang Ada Pengacara yang Obyektif jika Sudah Menjadi Pengacara Terhadap Klien?

Said Didu: Mas Febri, Memang Ada Pengacara yang Obyektif jika Sudah Menjadi Pengacara Terhadap Klien? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu komentari ucapan mantan jubir KPK Febri Diansyah.

Mengingat, Febri Diansyah mengaku akan objektif dalam menangani kasus Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Karena saat ini ia resmi menjadi pengacara tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

"Mas @febridiansyah, memang ada pengacara yang obyektif jika sudah menjadi pengacara terhadap klien?" kata dia dari twitter @msaid_didu yang dikutip Populis.id pada Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Eks Pegawai KPK Jadi Kuasa Hukum, Teddy Gusnaidi: Uniknya, Mereka Minta Dimaafkan Karena Menjadi Pengacara Ferdy Sambo

Menurut Said Didu, jika seorang ditunjuk menjadi pengacara sudah pasti akan dibayar.

"Namanya juga pengacara yang ditunjuk dan dibayar harus membela dong. Kalau mau obyektif jadi saksi ahli yang netral lebih masuk akal saya," ujarnya.

Baca Juga: Belum Ada Sehari Akui Jadi Pengacara Putri Sambo, Febri Sudah Digempur Netizen: Pengacara yang Korbankan Harga Diri Demi Segepok Uang!

Sebelumnya, Pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah menyebutkan bahwa proses hukum terhadap kliennya harus berkeadilan. Tak hanya berkeadilan bagi Putri, tapi juga bagi korban dan keluarga korban. 

"Ini bukan hanya berkeadilan untuk klien kami, tapi juga berkeadilan untuk semua pihak yang terkait dengan perkara ini. Apakah ibu putri, pak Ferdy Sambo, korban, keluarga korban dan juga masyarakat juga yang sebenarnya waktunya sudah tersita mungkin mengikuti proses ini selama berbulan-bulan," katanya kepada awak media saat konferensi pers pada Rabu (28/09/2022).

Baca Juga: Kedua Rekannya di KPK Dulu Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Novel Baswedan Kaget Sekaligus Kecewa! Harusnya...

Ia mengklaim bahwa proses hukum berkeadikan didapatkan dengan membukanya secara objektif, berimbang dan dengan pengawalan semua proses persidangan nanti. Menurutnya, semua yang salah harus dihukum sesuai perbuatannya.

"Kalau salah, ya salah harus dihukum. Dihukumnya berapa? Sesuai dengan perbuatan. Dia harus mempertanggungjawabkan. Kalau tidak salah apa iya harus dipaksakan untuk dihukum? Itulah harus diuji dalam proses persidangan," tuturnya.

Baca Juga: Febri Diansyah Habis Kena Ocehan Tokoh NU: Gak Usah Sok Idealis Lah! Mundurlah, Kau Hanya Dapatkan Cacian Publik Sebagai Lawyer Putri Sambo

Menurutnya, pertanggungjawaban sebagai advokat bukan hanya soal ia secara pribadi, tapi juga pertanggungjawabannya sebagai advokat terletak pada aspek objektifitas tersebut. Sebagai penegak hukum ia mengaku punya kewajiban menjalankan profesi advokat sesuai dengan standar-standar yang ada.

"Ketika kami menegaskan kami melakukan pendampingan hukum secara objektif maka pada saat itu sebenarnya, mengusahakan agar proses hukum berjalan objektif dan berkeadilan untuk semua pihak," tegasnya. 

Baca Juga: Main Keroyokan! PKB dan Demokrat Kompak Nyinyirin Acara Kumpul-kumpul Jokowi Bareng Relawan di GBK, Pasang Kuping Baik-baik!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover