PKS Kecewa Berat MK Tolak Gugatan Presidential Threshold: Capres 2024 Akan Terbatas!

PKS Kecewa Berat MK Tolak Gugatan Presidential Threshold: Capres 2024 Akan Terbatas! Kredit Foto: Achmad Rizki Muazam

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Alhabsy mengaku sangat kecewa dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan presidential threshold 20 persen.

Ia menyayangkan keputusan MK yang tidak melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap gugatan yang diajukan PKS tersebut.

Padahal, menurutnya, terdapat 67 kelompok masyarakat yang mendukung PKS menggugat presidential threshold 20 persen ke MK.

Baca Juga: PKS Desak Jokowi Tunda Pengadaan Mobil Listrik Pejabat: Rakyat Lagi Susah!

"Hal ini menunjukkan bahwa gugatan PKS mendapat sambutan yang luas dan dukungan dari masyarakat," ujar Aboe Bakar kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Aboe Bakar menyebut bahwa penolakan gugatan tersebut merupakan akhir dari upaya PKS untuk mengubah presidential threshold di MK.

“Ditolaknya gugatan PKS ini menutup upaya perubahan syarat PT melalui MK. Karena sebenarnya, dari sisi legal standing, gugatan PKS dinyatakan dapat diterima. Selain juga, konten gugatannya pun dinilai baik oleh MK. Artinya secara politik perubahan PT 20 persen hanya dapat dilakukan di parlemen. Ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri kedepan," ungkap Anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Presidential Threshold 20 Persen, PKS: MK Tidak Berani Melawan Kekuatan yang Besar!

Dia pun meminta masyarakat untuk menerima apabila jumlah Capres di Pemilu 2024 mendatang tidak akan banyak.

“Kita harus terima realitas politik, bahwa nanti 2024 hanya beberapa orang terbatas saja yang bisa maju ke Pilpres”, pungkasnya.

Sebelumnya, MK menyatakan presidential threshold 20 persen konstitusional, atau tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

"Menolak gugatan untuk seluruhnya," ujar Ketua MK Anwar Usman dalam sidang terbuka yang disiarkan kanal YouTube Mahkamah Konstitusi, Kamis (29/9).

Baca Juga: Ikut Sholat Tahajud, Habib Rizieq Shihab Tiba-tiba Muncul di Reuni 212!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover